Pesisir Selatan akan Gelar Festival Langkisau

Painan, Sumbar - Pesisir Se­latan akan kembali mengelar beberapa iven wisata akan di­gelar, guna mempromosikan potensi pariwisata Pessel yang memang tidak lagi diragukan keindahannya. Kegiatan yang akan digelar adalah pelak­sa­naan Festival Langkisau (FL) dan peringatan Hari Jadi Ka­bu­paten Pesisir Selatan yang ke 66. Pembukaan acara tetap di­pu­sat­k­andi Pantai Cerocok Pai­nan. Direncanakan kegiatan ini akan dilangsungkan pada tang­gal 15-22 April mendatang.

Kepala Dinas Pemuda, Olah­­raga Pariwisata dan Ke­bu­dayaan Pessel Gunawan me­ngung­kapkan iven merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Pessel untuk mempromosikan pariwisata dan mem­per­ke­nal­kan kepada wisatawan kalau Pessel memiliki produk an­dalan yang memiliki kualitas terbaik. Pemkab Pessel akan memanfaatkan momen ter­sebut sebagai ajang promosi besar besar, wisatawan akan melihat kekayaan pariwisata Pessel yang memiliki ke­mo­lekan dan keasrian.

Di manan nantinya para pengunjung FL XII akan me­lihat langsung keindahan pari­wisata Pessel seperti Pantai Cerocok, Puncak Langkisau, Jembatan Akar, Air Terjun Ba­yang Sani, Kawasan Mandeh ini akan membuat masyarakat se­cara tidak langsung men­da­patkan manfaatnya dari segi ekonomi dan lainnya.

“Kita berharap dengan pe­lak­sanaan event promosi pa­riwisata yang berskala Nasional ini dapat meningkatkan kon­tru­bisi bagi daerah dan man­faat­nya bisa dirasakan oleh ma­sya­rakat,” ulasnya lagi.

Menurutnya, pelaksanaan FL yang diselengarakan setiap tahunnya membuat pariwisata Pesisir Selatan bisa lebih dike­nal oleh masyarakat luas, dima­na sama dengan tahun sebelum­nya, kegiatan dilombakan pada Festival Langkisau tahun ini erat kaitanya dengan wisata kebaharian, sebab semua ben­tuk lomba itu, seperti, mangaik mungkuih, selaju sampan, voli pantai, pekan seni budaya, pe­mi­lihan uda uni dan diren­canakan kegiatan Trabas.

Selain itu dengan adanya pelaksanaan Festival Langkisau hendaknya dapat me­ning­kat­kan kunjungan dari masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah. Bahkan bisa dari luar negeri, sebab kegiatan yang telah teragenda setiap tahun ini memang bertujuan untuk me­ngenalkan pariwisata Pesisir Selatan kepada semua ma­sya­rakat baik dalam maupun luar negeri.

Tahun ini sudah masuk ta­hun kedua belas berarti, Festival Langkisau telah dikenal luas masyarakat baik dalam mau­pun luar daerah.

-

Arsip Blog

Recent Posts