DPR Mendatang Tetap Marak Korupsi: Dampak Lemahnya Peran Parpol

Jakarta—Ini ramalan wajah suram DPR. Para wakil rakyat yang akan duduk di parlemen hasil Pemilu tahun ini diramal tetap penuh dengan aroma korupsi. Prediksi itu hasil riset Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi).

Dalam riset itu terungkap, di antara 38 partai politik nasional peserta Pemilu 2009, hanya delapan yang memberikan dukungan finansial kepada para calon anggota legislatifnya.

Sebagian besar Parpol cenderung menyerahkan pembiayaan kampanye kepada Caleg masing-masing. Mereka harus berjuang dengan biaya sendiri agar terpilih sebagai anggota legislatif.

“Implikasinya nanti, kebersihan mereka dari korupsi sangat diragukan. Sebab, uang yang dikeluarkan juga sudah sangat banyak,” ujar Koordinator Formappi Sebastian Salang dalam launching hasil risetnya di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa (14/4).

Riset Formappi itu dilakukan melalui wawancara dengan 34 petinggi Parpol nasional. Pengumpulan data pada penelitian yang dilaksanakan mulai 21 Januari-19 Februari 2009 tersebut juga dilakukan melalui pengumpulan dokumen partai.

Di bagian lain, riset tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar partai politik tidak siap mengikuti Pemilu 2009. Hanya 16 Parpol yang dinilai siap mengikuti Pemilu 2009. “Sisanya, dari kriteria yang kami susun, mereka ternyata masih tidak siap,” ungkap Sebastian.

Di antara 16 partai tersebut, ada Partai Demokrat, Partai Hanura, dan Partai Gerindra. Ketiganya dianggap memiliki strategi yang lengkap, termasuk memadukan dukungan finansial partai dan Caleg.

Ada juga PDI Perjuangan dan Partai Republika Nusantara yang masuk kategori kedua yang memiliki strategi menyeluruh, tapi tanpa dukungan finansial dari partai. Masuk pula Partai Golkar, PKS, PAN, dan PIS yang memiliki strategi menyeluruh tanpa mengandalkan tokoh. Pengamat politik LIPI Syamsuddin Haris menyatakan, kondisi tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar Parpol sebenarnya tidak siap membentuk wakilnya bertanggung jawab.(dyn/eca)

Sumber : Riau Pos, Rabu, 15 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts