Karnaval Budaya Indonesia Bertaraf Internasional Digelar

Solo, Jateng - Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) akan menggelar karnaval budaya bertaraf internasional. Karnaval tersebut rencananya akan digelar di kota Jember, Jawa Timur, pada 21 hingga 24 Agustus mendatang. Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari), Dynand Fariz, Sabtu (5/4).

“Acara itu kami beri nama Wonderfull Archipelago Carnival (WAC) Indonesia. Acara tersebut akan diikuti 6 daerah yang memiliki karnaval sebagai ikon. Sebelumnya dari DPP Akari akan mengadakan coaching clinic terhadap keenam kota tersebut,” ungkap Fariz saat ditemui wartawan di salah satu cafe di Solo.

Dalam kesempatan itu Fariz mengatakan, WAC akan berbentuk karnaval kolosal yang diikuti 40 hingga 60 orang setiap kelompok. Keenam daerah tersebut diantaranya adalah, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Bali, Jakarta, dan Jawa Timur.

“Untuk Jawa Tengah akan diwakili oleh Solo Batik Carnival. Kami memilih SBC selain sudah menjadi ikon Jawa Tengah pada umumnya dan Kota Solo pada khususnya, kami memandang bahwa SBC merupakan kelompok carnival yang konsisten menyelenggarakan acara maupun mendidik anggota-anggota yang bernaung di bawah SBC. Karena itulah SBC kami pilih untuk mewakili Jawa Tengah,” tutur Fariz.

“Karya kolosal ini akan menampilkan konten yang berbeda dari setiap daerah, ini akan menjadi etalase karnaval pertama di Indonesia,” pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts