Institut Seni Budaya Dibuka di 4 Provinsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menambah empat Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) di 4 provinsi dan diharapkan mulai menerima mahasiswa baru dalam tahun kuliah 2013. Keempat provinsi yang mendapatkan ISBI itu adalah Aceh, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua.

Pendirian keempat ISBI itu kini dalam proses yang diharapkan bisa dirampungkan sesuai jadwal," kata Pembantu Rektor II ISI Denpasar selaku Ketua Pelaksana Pendirian ISBI Tanah Papua, I Gede Arya Sugiartha, di Denpasar, hari ini.

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mendapat tugas dan tanggung jawab dari Kemendikbud untuk pendirian pendirian Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Papua.

"Tugas dan tanggung jawab itu telah dilaksanakan dengan baik dan tahun kuliah 2013, ISBI Tanah Papua diharapkan bisa mulai menerima mahasiswa baru," ujar Arya Sugiartha.

Pendirian ISBI Tanah Papua diantaranya menyangkut rencana induk pengembangan (RIP) dan kurikulum pendidikan dari masing-masing program bidang studi.

Lembaga pendidikan tinggi seni itu bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang cerdas, kreatif dan inivatif, sehingga mampu menumbuhkan kreativitas baru dalam mendorong keunggulan lokal.

Kurikulum pendidikan ISBI Papua menekankan upaya untuk memahami, mengkaji, menggali potensi lokal, terutama yang terkaiit dengan kekayaan dan budaya termasuk tradisi lokal yang memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat kebudayaan Papua.

Penulis: Didit Sidarta
Sumber:Antara
-

Arsip Blog

Recent Posts