Budaya Indonesia Diperkenalkan Warga yang Tinggal di Okinawa

Tokyo, Jepang - Ratusan warga Indonesia, baik yang telah menikah, pekerja maupun para pelajar, yang berada di Okinawa bertemu dan mempromosikan budaya tanah air kepada orang Jepang, termasuk berbagai makanan Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia.

Penyelenggara adalah Okinawa Indonesia Friendship Association di Gedung Pemda Okinawa, dengan kehadiran sekitar 400 orang.

"Budaya yang mirip dengan Indonesia, daerah panas Okinawa, dengan bunga-bunga mirip yang ada di Indonesia, makanan, lagu dan perbincangan bersama yang hangat membuat suasana persahabatan semakin erat antara orang Indonesia dan orang Okinawa," papar Moriki Nishihira, Ketua Asosiasi tersebut kepada Tribunnews.com, Kamis (26/6/2014) siang.

Menurut Nishihira yang juga dokter rumah sakit di Okinawa, saat ini ada sekitar 200 warga Indonesia di Okinawa.

"Kami mau semua orang bisa saling mengerti mengenai budaya masing-masing, baik orang Indonesia maupun orang Okinawa," kata Nishihira.

Musik gamelan, tarian daerah dan berbagai budaya Indonesia tampil di acara persahabatan kedua bangsa tersebut.

"Pertemuan kali ini yang ke sepuluh. Tahun depan juga akan kami buat kembali pertemuan persahabatan ini," katanya.

Asosiasi ini menurutnya didirikan 36 tahun lalu dan saat ini ada 40 anggota yang semuanya adalah warga Okinawa.

"Saat ini ada seperempat dari jumlah orang Indonesia yang ada di Okinawa adalah para pelajar. Lalu banyak juga penangkap ikan tuna, dan sisanya menikah dengan warga Jepang atau perkawinan internasional tinggal di Okinawa," jelas Nishihira.

-

Arsip Blog

Recent Posts