Cintai Kebudayaan Daerah Melalui Pekan Budaya

Sigi, Sulteng - Pekan Budaya dan Pariwisata Sulawesi Tengah, kembali digelar, Sabtu (21/6/2014). Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng ini, tercatat sebagai Pekan Budaya XIII dan sebagai tuan rumah, terpilihlah Kabupaten Sigi.

Pantauan di lokasi pembukaan yang dipusatkan di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Pekan Budaya ini diikuti 13 kabupaten dan satu kota yang ada di Sulteng. Sebagai peserta, masing-masing daerah ini datang dengan berbagai kekayaan seni budayanya yang tampak semakin tereksplorasi dengan baik.

Hal ini tampak jelas saat sejumlah peserta dari kabupaten atau setingkat kota melakukan pawai dalam pembukaan yang disaksikan langsung Gubernur Sulteng, perwakilan bupati masing-masing kabupaten dan sejumlah petinggi Sulteng serta kabupaten lainnya yang hadir. Dalam acara ini hadir pula perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Tema yang diangkat dalam Pekan Budaya kali ini yaitu 'Keragaman Budaya Bambu di Sulawesi Tengah'. Menurut Bupati Sigi, Aswadin Randalembah, tema tersebut tidak lain dari bambu yang merupakan bagian dari mitos masyarakat di Sigi dan Sulteng. Di antaranya, tempat munculnya penjelmaan 'Tomanuru' yang dianggap sebagai jelmaan dewa.

Selain itu, beberapa upacara adat masyarakat di Sigi, seperti Balia banyak menggunakan bambu misalnya untuk pembuatan lalove dan properti upacara Balia pada zaman kolonial silam.

"Salah satunya yang paling banyak berkembang yaitu orkestra musik bambu yang sudah terlihat diajarkan dan dimainkan disekolah-sekolah umum maupun sekolah misionaris," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola mengatakan, dalam Pekan Budaya ini tidak hanya mempertunjukan budaya dan pariwisata semata, namun tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan kecintaan akan nilai budaya daerah masing-masing, serta meningkatkan profesionalitas seniman.

"Termasuk juga masing-masing kabupaten/kota se-Sulteng, mempererat jalinan talisilaturahmi seraya mempromosikan kebudayaan dan pariwisata yang dimiliki," tandasnya.

Pekan Budaya XIII ini, dirangkaikan juga dalam Hari Ulang Tahun (HUT) yang akan berakhir 24 Juni 2014 mendatang.

-

Arsip Blog

Recent Posts