Festival Kompangan JE Dimeriahkan 1.000 Penabuh

Jambi - Jalan depan kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Sabtu (07/06) sekitar pukul 14.00 WIB bakal dipadati 1.000 pemain kompangan yang berasal dari Kota Jambi dan sekitarnya. Mereka turut ambil bagian dalam kegiatan Festival Kompangan Jambi Ekspres bersama Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus. Hal ini disampaikan Manager Even Organizer Jambi Ekspres, Dona Piscesika kemarin (05/06).

“Akan ada 1.000 pemain yang akan tampil di depan kantor gubernur.

Dan kegiatan ini melibatkan pemain kompangaan di Kota Jambi dan Muarojambi,” kata Dona.

Selain itu, Dona menjelaskan, kegiatan festival kompangan itu bertujuan mengangkat nilai budaya Melayu Jambi.

“Kita ingin aset budaya Melayu Jambi, tetap lestari kedepannya dan juga memberitahukan kepada masyarakat di Provinsi Jambi dan Kota Jambi khususnya bahwa kesenian dan budaya jambi masih tetap eksis,” ungkap Dona.

Lebih lanjut, Dona menjelaskan, Kenapa dilibatkan 1000 kompangan ini, karena kita ingin menunjukkan kesemua masyarakat, kalau kita (Jambi, red) masih memiliki seni yang layak di nikmati semua orang.

“Selain itu kita sebagai pihak penyelenggara, ingin memberikan tontonan ke pada warga kota Jambi akan adanya musik kesenian daerah melayu jambi ini,” sebutnya.

Kegiatan ini katanya, sengaja dikemas dengan bentuk parade. Dimana semua pemain kompangan akan menabuh gendang secara serentak yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus didampingi GM Jambi Ekspres, Sarkawi.

“Selain itu, pemain kompangannya juga kita fasilitasi seragam atau pakaian yang sama, dan memainkan serentak,” jelasnya.

Dona juga menyebutkan, Festival kompangan tersebut juga akan diadakan doorprize menarik. “Kita juga sediakan Doorprice khusus pemain kompangan dan pelatihnya,” ucapnya.

“Kita berharap warga Kota Jambi akan datang untuk menyaksikan festival kompangan yang merupakan kesenian Melayu Jambi ini,” ucapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts