Gebyar Karnaval Batik Terbesar di Indonesia

Jakarta - Batik sebagai bagian dari warisan budaya jawa dan Indonesia, keberadaannya memiliki makna yang sangat kuat. Tidak hanya sekadar kain untuk pakaian, namun batik dengan motif dan warnanya mengandung makna tentang ajaran kebaikan dalam bermasyarakat dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Untuk memegang kuat tradisi dan warisan budaya Batik, Kota Solo sebagai salah satu kota Batik terkenal di Indonesia, sejak 2008 menggelar karnaval batik yang dikenal dengan "Solo Batik Carnaval".

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-7 dari "Solo Batik Carnaval". Bertempat di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (22/6/2014) lalu "Solo Batik Carnaval" berhasil menyedot ribuan orang untuk menonton parade kostum batik dari dalam stadion hingga sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jenderal Sudirman, Solo.

Kesuksesan gelaran "Solo Batik Carnaval" oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, bahkan layak disandingkan dengan gelaran karnaval di Brazil.

Maria Elka Pangestu yang membuka acara tersebut dengan mengenakan kostum batik seperti putri kerajaan dan memakai mahkota mengatakan, Solo Batik Carnival menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia dan telah menjadi agenda wisata di kedutaan besar Indonesia di luar negeri.

“Kreativitaslah yang membuat kita akan tetap hidup dan tetap berkembang. Kami bangga karena Solo Batik Carnival telah mengharumkan nama Indonesia. Hal seperti ini sangat membantu pemerintah dalam mengelola bisnis berbasis wisata dan ekonomi kreatif. Kami mendorong semua industri karnaval untuk bisa maju di tingkat dunia,” jelas Maria Elka.

Berkat konsisten melestarikan Batik, Kota Solo diusulkan oleh Maria Elka ke Unesco sebagai Kota Kreatif.

Solo Batik Carnival ke-7 mengangkat tema “Majestic Treasure” di mana Batik Indonesia atau lebih tepatnya Batik Solo sudah diakui oleh masyarakat dunia disebabkan kekuatan motif yang tidak saja indah secara visual, namun juga indah secara maknawi dan filosofi. Motif-motif batik yang bercirikan keindahan, keagungan dan kenyamanan merupakan bagian dari pembangunann karakter bangsa Indonesia.

Satu bukti lagi bahwa Batik Indonesia semakin dikenal dunia adalah dimasukkannya kurikulum mata pelajaran pengenalan batik Indonesia di sekolah mode Venezuela “Instituto Brivil".

-

Arsip Blog

Recent Posts