Gelar Budaya Nusantara 2012 di TMII

Jakarta - Untuk Anda pecinta wisata budaya, sempatkanlah untuk datang dalam acara Gelar Budaya Nusantara 2012 di TMII. Di acara ini, Anda bisa melihat keunikan dan pesona kebudayaan dari tiap daerah di Nusantara. Asyik!

Gelar Budaya Nusantara adalah acara yang menampilkan kesenian dan budaya dari beberapa daerah di Indonesia. Ini adalah acara yang diselenggarakan atas kerja sama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Dengan mengambil tema 'Ritus Budaya Pangan Nusantara', acara ini akan diselenggarakan dari tanggal 27-29 Oktober 2012 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

"Kita tidak akan membiarkan seni tradisi mati ditelan zaman, melalui acara ini kita akan terus memperkuat seni tradisi di dalam negeri," kata Wamen Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti dalam jumpa pers Gelar Budaya Nusantara 2012 di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, TMII, Jakarta Timur, Selasa (9/10/2012).

Nantinya, Gelar Budaya Nusantara 2012 akan menampilkan upacara-upacara yang berkaitan dengan pangan dari delapan komunitas adat. Ada dari Kasepuhan Cisitu dan Kasepuhan Cisungsang dari Banten, Paninjauan asal Sumatera Barat, Tutup Ngisor dari Jawa Tengah.

Masih ada pula Dayak Kayan Bahau dari Kalimantan Timut, Osing Banyuwangi asal Jawa Timur, Manggarai dari NTT, serta Osing Toro yang berasal dari Sulawesi Tengah. Upacara tersebut akan dilakukan di sekeliling Monumen Tugu Pancasila.

Tidak hanya kebudayaan daerah, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga akan menampilkan kebudayaan dari luar negeri.

"Ada banyak budaya yang akan ditampilkan di sini tiap harinya, juga ada pertunjukan budaya dari Meksiko, Venezuela, dan Amerika," kata Ketua Panitia Gelar Budaya Nusantara 2012, Suprapto Suryodarmo kepada detikTravel.

Acara ini diperuntukkan pengunjung TMII, khususnya kepada anak-anak sekolah. Diharapkan, mereka dapat lebih mencintai budaya dalam negeri ke depannya.

"Untuk grup anak-anak sekolah yang datang ke acara ini, nantinya akan kita beri diskon," ujar Direktur Operasional Taman Mini Indonesia Indah, Ade F Melilala saat jumpa pers.

Acara ini akan berlangsung pada akhir pekan. Daripada mengajak buah hati Anda ke mal, lebih baik ajak mereka mengenal keunikan dari tiap budaya Nusantara di Gelar Budaya Nusantara 2012. Dijamin seru!


Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/10/09/180931/2058657/1382/yuk-ramai-ramai-ke-gelar-budaya-nusantara-2012-di-tmii?d992201287
-

Arsip Blog

Recent Posts