Jambi Gelar Festival Candi Muarajambi ke XI

Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi menggelar Festival Candi Muarajambi ke XI, yang berlangsung 29 Mei hingga 1 Juni, sebagai upaya untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah tersebut.

"Betapa pentingnya nilai warisan budaya yang ada di Muarajambi ini. Bahkan sekarang sedang diusahakan di tingkat internasional untuk diakui UNESCO," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar saat membuka festival di Jambi pada Kamis siang.

Sapta menambahkan, kawasan Muarajambi merupakan situs sejarah yang paling unik yang berlokasi di Pulau Sumatera kendati belum semua bangunan candi tereksplorasi.

Menurut Sapta, upaya pengembangan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah Muarajambi beserta pusat adalah pelestarian wisata sejarah dan pemanfaatan potensi ekonomi.

"Manfaat yang dihasilkan ada dua, baik ekonomi secara langsung kepada masyarakat dan secara tidak langsung kepada pelaku usaha yang ada di luar kota Jambi seperti maskapai penerbangan," kata Sapta.

Selain itu Sapta mengharapkan dengan diselenggarakannya festival tersebut dapat memperkenalkan ciri khas Provinsi Jambi melalui Candi Muarajambi yang juga akan mengangkat nama Indonesia, khususnya Sumatra.

"Candi Muarajambi memiliki nilai dasar pariwisata seperti alamnya yang asri serta pohon rindang dan wisata budaya karena memiliki situs candi Budha yang terletak di pinggiran Sungai Batanghari," kata Sapta.

Menurut dia, jika pemerintah daerah dan pusat dapat bersinergi untuk membangun suatu paket wisata dan perbaikan infrastruktur, maka Candi Muarajambi memiliki keunggulan komparatif yang tidak terbandingi.

Sementara itu Gubernur Jambi, Hasan Bisri Agus, mengatakan Candi Muarajambi masih kurang populer di masyarakat umum, khususnya yang berasal dari luar Jambi. Ia berharap pemerintah dan masyarakat melestarikan cagar budaya ini karena dunia internasional mencari wisata yang memiliki lingkungan asri serta peninggalan sejarah.

"Kami punya harapan besar terhadap candi ini untuk menjadi ikon Jambi dan akan membicarakan lebih lanjut dengan Kemparekraf," ujar Hasan.

Festival Candi Muarajambi dilaksanakan di situs candi yang mencakup lahan di tujuh wilayah desa. Kawasan percandian tersebut memiliki 82 reruntuhan bangunan kuno yang delapan di antaranya telah dibuka dan dilakukan pelestarian secara intensif.

Dalam festival tersebut ditampilkan sejumlah tarian khas daerah Jambi dan rally wisata, jalan sehat, pameran dan bazaar pariwisata serta UMKM. Juga terdapat hiburan musik dan pesta kanal kuno yang diadakan di Danau Kelari di dalam kawasan percandian.

-

Arsip Blog

Recent Posts