Tari Kolosal 1.000 Barongan Akan Tutup Pekan Budaya di Kediri

Kediri, Jatim - Beberapa ikon pariwisata Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akan dipamerkan dalam hajatan Pekan Budaya 2014 yang berlangsung di kawasan Simpang Lima Gumul, 10-17 Agustus 2014.

Selain sektor pariwisata, hajatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri itu juga akan diikuti oleh berbagai pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kediri dan daerah sekitarnya. Sebanyak 68 pelaku pariwisata maupun ekonomi kreatif akan berpartisipasi.

Pembukaan pekan budaya akan diisi dengan parade budaya dan pawai mobil hias yang berlangsung pada Minggu 10 Agustus. Salah satu agendanya adalah Tari Kilisuci Mangesti dan fragmen Tari Panji Sangrama Wijaya Tungga Dewi.

Pada sela-sela pameran, juga akan digelar pentas kesenian dan pentas kreativitas dari para seniman maupun pegiat kebudayaan. Pameran ini akan ditutup dengan Tari Kolosal 1.000 Barongan pada Sabtu, 16 Agustus.

Selain itu, pekan budaya itu juga akan diikuti oleh kontingen dari berbagai kota, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kota Probolinggo, Kabupaten Jembrana, Duta Kesenian Kota Surabaya, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Nganjuk, serta Kabupaten Tulungagung.

"Salah satu output-nya adalah untuk merehabilitasi psikologis pariwisata Kabupaten Kediri pasca-erupsi Gunung Kelud kemarin," kata Joko Suswono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Jumat (8/8/2014).

-

Arsip Blog

Recent Posts