Festival Kuliner Tradisional Meriahkan Ultah Berau dan Tanjung Redeb

Tanjung Redeb, Kaltim - Pesta rakyat dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Berau ke-61 dan Kota Tanjung Redeb ke-204 masih terus berlanjut. Sukses dengan pesta bakar ikan yang melibatkan puluhan ribu masyarakat di Tepian Sungai Segah beberapa waktu lalu. Minggu (21/9) pagi kemarin, ribuan masyarakat kembali berpesta dengan menikmati bersama berbagai jajanan tradisional yang ditampilkan di Festival Kuliner di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb.

Kegiatan kerja sama Pemerintah Kabupaten Berau dengan Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Berau ini menyajikan 61 jenis jajanan tradisional. Tidak hanya jajanan khas masyarakat Bumi Batiwakkal, namun juga jajanan tradisional nusantara yang ada di Kabupaten Berau juga disuguhkan. Seperti gagattas, bingka hijau, paria, baulu gulung, kalupis pisang, hamparan tatak, gugus dan berbagai jenis jajanan lainnya. 61 jenis jajanan tradisional yang ditampilkan ini sesuai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Berau tahun 2014 ini yang ke-61.

Sementara masing-masing jenis jajanan tradisional, disajikan sebanyak 204 yang disesuaikan dengan hari jadi Kota Tanjung Redeb yang ke-204 tahun ini. “Jadi ada lebih dari 12 ribuan jajanan tradisional yang disajikan di festival kuliner ini,” ungkap Wakil Ketua bidang Organisasi dan Pelatihan PHRI Berau, Ruspin, di sela-sela kegiatan Festival Kuliner.

Tidak hanya makanan, berbagai jenis minuman tradisional nusantara juga disajikan di Festival Kuliner ini. Selain itu perwakilan dari beberapa hotel dan restauran yang ada di Kabupaten Berau juga menampilkan berbagai atraksi dalam penataan menu. Seperti kegiatan mengukir buah-buahan yang menjadi daya tarik masyarakat. Kegiatan ini juga melibatkan pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), seperti SMK Maarif Tanjung Redeb yang memiliki jurusan tata boga. Panitia juga menyediakan doorprize bagi masyarakat yang menghadiri Festival Kuliner kemarin.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Yance Keka, mengatakan, Festival Kuliner jajanan tradisional ini merupakan bagian dari memperingati Hari Jadi Berau dan Kota Tanjung Redeb.

Melalui kegiatan ini berbagai jenis makanan tradisional di daerah ini diperkenalkan kepada masyarakat. Pasalnya, dalam mendukung pembangunan kepariwisataan juga disertai dengan keberadaan kuliner yang menjadi daya tarik pariwisata. “Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendukung kegiatan ini, terutama jajaran PHRI Berau,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Hukum dan Advokasi PHRI Berau, Effendy Djuprianto, mengatakan Festival Kuliner jajanan tradisional ini juga merupakan pembinaan pemerintah bersama PHRI dalam upaya melestarikan kuliner asli daerah.

Beserta kuliner dari berbagai daerah se-nusantara yang juga sudah ada di Bumi Batiwakkal. “Kita berharap melalui kegiatan ini lebih memperkenalkan PHRI kepada masyarakat dan juga melestarikan kuliner tradisional di daerah ini,” tandasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts