Festival Senggigi 2014 akan Lebih Inovatif

Gerung, NTB - Bupati Lombok Barat, H Zaini Arony meminta Dinas Pariwisata selaku Panitia Festival Senggigi 2014 menyelenggarakan kegiatan itu lebih kreatif dan inovatif agar lebih semarak dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Saya ingin ada kreasi baru yang sifatnya dinamis untuk ditampilkan. Jangan monoton yang membosankan bagi para pegiat, peserta dan wisatawan atau pengunjung," kata Zaini Arony di Gerung, Ibukota Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (14/9).

Penyelenggaraan Festival Senggigi 2014 yang dipusatkan di Kawasan Wisata Senggigi, Kecamatan Batulayar, akan digelar 24-27 September 2014.

Festival itu merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Lombok Barat setiap tahun dan telah menjadi bagian dari Kalender Pariwisata NTB.

Festival tersebut ditujukan sebagai wahana promosi potensi pariwisata dan sektor unggulan lainnya, serta momentum memperkenalkan budaya Kabupaten Lombok Barat pada khususnya dan NTB pada umumnya.

Zaini mengatakan dirinya menghargai berbagai kegiatan yang akan digelar pada Festival Senggigi 2014, terutama lomba yang bersinggungan langsung dengan tema kegiatan.

Hanya saja, kata dia, persoalan lomba yang berlokasi di beberapa tempat, sebaiknya dipusatkan di satu lokasi. Hal itu dimaksudkan agar para wisatawan atau pengunjung lainnya tidak merasa kebingungan dan kesulitan mencari lokasi. Selain itu, satu lokasi juga akan terlihat lebih ramai.

"Ada nilai psikomotorik dan afektif dari pelaksanaan suatu kegiatan. Hal ini akan memberi kesan positif bagi para pengunjung, tidak saja bernilai edukasi, seni, budaya, namun juga bisa memberikan nilai transformasi yang informatif dan menyatu bagi pengunjung," ujarnya.

Zaini juga memberi beberapa saran terkait perlaksanaan Festival Senggigi 2014. Di antaranya, pada saat lomba bisa ditampilkan lebih dinamis, sedangkan yang sifatnya statis bisa ditampilkan tarian hasil-hasil karya atau kerajinan lokal.

Selanjutnya, jadwal kegiatan acara bisa disampaikan ke seluruh hotel yang ada di kawasan wisata Senggigi. Hal itu dimaksudkan agar para wisatawan yang tengah berlibur dan menginap bisa mengetahui dan menghadiri berbagai kegiatan yang diselenggarakan pada Festival Senggigi 2014.

Aksesoris atas tampilan masing-masing kecamatan, kata dia, harus lebih optimal.

Sebelum hari pelaksanaan, panitia harus lebih fokus untuk melakukan persiapan agar penyelenggaraannya bisa sukses.

"Kontribusi Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat nantinya di lokasi acara untuk bisa menyediakan ’press room’ dan ruang informasi terkait penyelenggaraan kegiatan dan info menarik potensi pariwisata, seni dan budaya Lombok Barat," katanya.

Zaini juga tidak lupa mengingatkan kepada Camat Batulayar agar menjaga kebersihan di seluruh objek wisata Senggigi.

Selain itu, membantu menyiapkan potret objek wisata unggulan di Lombok Barat dan akan lebih menarik lagi diikuti oleh potensi wisata kuliner dengan berbagai penyajiannya.

Seminar juga bisa saja dilakukan, namun tidak hanya menampilkan gambar, tetapi lebih atraktif dan kreasi menarik yang bisa menggugah para peserta seminar untuk bersama-sama peduli akan pembangunan pariwisata di Lombok Barat.

"Selain itu tunjukkan budaya kita sebenarnya, karena ini menyangkut khazanah budaya yang dimiliki oleh Lombok Barat," kata Zaini.

-

Arsip Blog

Recent Posts