Kuliner Lokal Semarakkan Festival Senggigi

Lombok Barat, NTB - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar pameran kuliner khas daerah untuk menyemarakkan Festival Senggigi di kawasan wisata Senggigi, 24-27 September 2014.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Gde Renjana mengatakan, Festival Senggigi 2014 akan dibuat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Jika festival sebelumnya hanya ditandai dengan pawai budaya dan atraksi budaya saat melintas di hadapan tamu atau pementasan seni budaya atas panggung, namun kali ini akan diinovasikan dengan kreativitas lain yang lebih atraktif, unik dan natural, seperti pameran kuliner," katanya di Gerung, Ibu kota Kabupaten Lombok Barat, Minggu (14/9).

Menurut dia, pihaknya sengaja mengangkat pameran kuliner khas daerah karena masyarakat luas belum terlalu mengenal, terutama para wisatawan, domestik maupun mancanegara.

"Selama ini yang banyak dikenal dan bahkan menjadi ikon kuliner Lombok adalah ayam taliwang. Jika ke Lombok, kurang lengkap jika tak merasakan lezatnya kuliner yang sudah cukup dikenal luas tersebut," ujarnya.

Renjana mencontohkan, salah satu kuliner khas Lombok yang akan dipamerkan bentuk dan cara pembuatannya adalah ares atau sayur yang terbuat dari batang pisang. Selain itu, pelalah, olah-olah, bebetok yang terbuat dari daun talas.

"Semua itu akan dipamerkan. Tidak hanya bentuknya, tapi juga bagaimana cara pembuatannya. Karena itu kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berkenan turut serta dalam pameran kuliner ini dipersilakan mendaftar," ujarnya.

Pada Festival Senggigi 2014, kata Renjana, panitia juga bekerjasama dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Lombok Barat guna mengadakan pameran bunga Bonsai.

Gelaran pameran bunga itu sebagai bagian dari konsep Festival Senggigi 2014, yakni Back To Nature atau kembali ke alam.

Tidak kalah penting, kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) NTB, panitia juga akan menggelar lomba peragaan busana tradisional, tingkat anak-anak, remaja dan dewasa.

-

Arsip Blog

Recent Posts