Lestarikan Budaya, UI Adakan Pagelaran Aneka Wayang

Depok, Jabar - Sebagai wujud melestarikan kebudayaan, Universitas Indonesia (UI) menggelar acara Wayang Goes to Campus 2014 (WGTC).

Pagelaran ini berlangsung selama seminggu yaitu 23-27 September 2014 di Balairung UI kampus Depok. Sejalan dengan eforia peralihan kepemimpinan nasional, WGTC 2014 kali ini mengusung tema 'Wayang dan Kepemimpinan' yang disajikan dalam berbagai kegiatan pertunjukan.

Yaitu pertunjukan wayang kulit, wayang orang, wayang golek, wayang Potehi dan wayang Tavip serta pameran, sarasehan, workshop dan bazaar.

Ketua Panitia WGTC UI Raymond Michael mengatakan, dalang kondang yang akan tampil di antaranya Ki Manteb Soedharsono, Ki Begug Poernomosidi serta dalang cilik Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip (De Tira).

Sedangkan dalam kegiatan Sarasehan Wayang menghadirkan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai pembicara utama yang akan menyampaikan 'Wayang dalam konteks ke-Indonesiaan'.

Di area bazar dan workshop, selain menghadirkan berbagai produk kerajinan nasional, akan ditampilkan seperti menatah wayang, membuat wayang dari plastik dan membuat berbagai kerajinan dari kain bekas (perca).

Sementara itu, kegiatan pameran menampilkan berbagai koleksi wayang tradisional, juga diisi dengan pameran keris dan batu mulia nusantara. Beberapa sisi pameran juga akan diisi oleh pameran lukisan.

"WGTC juga menampilkan sejumlah mahasiswa UI yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Sastra Jawa UI (KMSJ UI) dan Sekar Sriwedari," kata Raymond, di Depok, Selasa (23/9/2014).

Untuk acara puncak pada Sabtu 27 September, akan disajikan pergelaran Wayang Kulit Wonogiri yang akan dibawakan oleh Enam Dalang sekaligus dalam satu panggung dengan Ki Begug Poernomosidi, Ki Widodo Wilis, Ki Sura Agul Agul, Ki Eka Sunarsono, Ki Sigit Mursita, dan Ki Narta Guna Wiyono dengan lakon 'Semar Mbangun Kayangan'.

"Wayang kulit (shadow puppets) Indonesia telah diakui oleh Unesco sebagai warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 7 November 2003 lalu," ucap Raymond.

Dengan digelarnya acara wayang ini merupakan bentuk pemberian gelar kehormatan Makara Utama UI kepada pegiat dan pelestari budaya wayang yang berkontribusi melestarikan budaya tradisional di Indonesia dan luar negeri.

"Pewayangan memiliki nilai seni serta muatan cerita yang sejalan dengan nilai kepribadian bangsa dan mengandung ajaran-ajaran hidup berkemanusiaan yang masih relevan sepanjang zaman," pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts