Meranti Gelar Festival Musik Melayu Dunia

Selatpanjang, Riau - Sanggar Bathin Galang asal Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, berencana akan menggelar festival musik melayu bertaraf dunia pada Januari 2015. Rencananya sebagai tamu untuk mengisi acara akan hadir dari Thailand, Jepang, Singapura, Malaysia, dan Eropa.

Sebagaimana disampaikan Ketua Sanggar Bathin Galang Desa Bokor, Sopandi, kepada wartawan, Selasa (2/9/2014). Kata Sopandi, kegiatan tersebut berbeda dengan Pesta Sungai Bokor yang fokus pada atraksi budaya dan permainan rakyat. Iven kali ini tambahnya akan fokus pada musik melayu dan alat musik tradisional selama ini sudah mulai tergerus oleh modernisasi.

"Kita ingin menunjukkan bahwa kita tidak main-main dalam melestarikan dan mempromosikan seni budaya melayu. Kali ini khusus akan kita laksanakan kegiatan festival seni musik melayu bertaraf dunia," ujar Sopandi.

Ia juga menggambarkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam even tersebut, akan disediakan klinik musik tradisional bagi pengunjung maupun pemula yang ingin mencoba dan belajar.

"Alat musiknya seperti gendang benano, gendang silat, marwas, arkordion dan nafiri. Hal ini sengaja kami buat agar para generasi yg akan datang tidak canggung memainkan alat musik tradisional itu, apalagi sampai tidak pernah melihatnya," kata Ketua Bathin Galang Desa Bokor itu.

Sebagai tamu ataupun pengisi acara dalam kegiatan tersebut, Sopandi mengaku sudah berkordinasi dan mengundang berbagai seniman, pelaku seni musik, dan aktivis musik dari berbagai negara. Mulai dari Jepang, Thailand, Singapura, Malaysia, dan juga Eropa.

-

Arsip Blog

Recent Posts