Pemkot Payakumbuh Akan Gelar Pemilihan Duta Budaya

Payakumbuh, Sumbar - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, akan menggelar pemilihan Duta Budaya kota itu, 27 September mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Syahnadel Khairi, Kamis (18/9), mengatakan, Duta Budaya Payakumbuh itu akan dikirim untuk mengikuti pemilihan Uda dan Uni Sumatera Barat 2014, pada Oktober bulan depan.

Syahnadel Khairi mengatakan, pemilihan Duta Budaya nyaris sama dengan pemilihan Uda dan Uni. Hanya saja, Duta Budaya lebih fokus kepada pemahaman budaya lokal, karakter, selain inteligensi peserta, dan kemampuan bahasa asingnya.

Menurut Syahnadel, pemilihan Duta Budaya Kota Payakumbuh itu, akan diikuti perwakilan dari anak nagari di Kota Payakumbuh serta pelajar, dan mahasiswa kota ini.

"Makin banyak pesertanya, kian terseleksi pemenang Duta Budaya ini," kata dia.

Usia peserta dikatakan berkisar antara 18-25 tahun, dan tinggi badan 172 cm buat lelaki dan 165 cm untuk wanita dan belum menikah serta memiliki KTP Payakumbuh.

Sebelum tampil di catwalk, para peserta akan menjalani pembekalan di sebuah hotel di Payakumbuh. Calon Duta Budaya Payakumbuh akan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan, budaya, dan alam Minangkabau.

Nara sumbernya, tokoh adat, budayawan, Bundo Kanduang serta Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr Henny Riza Falepi.

Sementara, dewan juri pemilihan Duta Budaya ini akan didatangkan dari Provinsi Sumatera Barat.

Pasangan Duta Budaya terpilih, kata Syahnadel, diharapkan Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, selaku pembina Duta Budaya kota ini, mampu berbicara dalam pemilihan Uda dan Uni Sumatera Barat 2014.

"Kita ingin, pasangan Duta Budaya Payakumbuh akan menjadi Uda dan Uni Sumatera Barat," kata dia.

-

Arsip Blog

Recent Posts