Perpusnas Koleksi 10 Ribu Naskah Sastra Kuno

Jakarta - Perpustakaan nasional Republik Indonesia memiliki lebih dari 10 ribu naskoh sastra kuno. Koleksi itu ditulis dalam aksara Arab, Jawi, Pegon, Sunda Kuno, Kaganga, Batak, dan Bugis, serta dalam bahasa Melayu, Jawa, Sunda, Bugis, Batak, dan Lampung.

"Ada 10.334 buah koleksi yaitu berupa aksara dan bahasa yang tersimpan di Museum," kata Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, Sanwani Sanusi di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Ahad (14/9/2014).

Menurut Sanwani, informasi yang ada di dalam naskah kuno adalah Alquran, hadist, hukum, sejarah, hikayat, obat-obatan, teknologi, linguistik, syair, dan arsitektur. Naskah kuno yang dimiliki Perpustakaan Nasional 70 persen ditulis di atas kertas, 25 persen daun lontar, sisanya ditulis di kayu, bambu, dan perkamen (kulit hewan). Perkamen biasanya digunakan suku Aceh untuk menulis informasi penting.

Sanwani mengatakan, dari berbagai koleksi yang ada di perpustakaan, koleksi paling tua adalah naskah Arjuna Wiwahana dari abad ke-14 yang ditulis di atas daun lontar.

-

Arsip Blog

Recent Posts