Puluhan Seniman Mancanegara Berkolaborasi di Kediri

Kediri, Jatim - Pertunjukan seni keliling Art Island Festival yang diikuti oleh beberapa seniman mancanegara akan berlangsung di Kota Kediri, Jawa Timur pada 25-26 Agustus 2014. Para seniman itu akan berkolaborasi dengan seniman lokal.

Sedikitnya ada 28 seniman yang berasal dari Australia, Belanda, Kaledonia Baru, India, Malaysia, serta Selandia Baru itu bergabung dengan delapan seniman lokal dalam kegiatan tersebut. Mereka akan membawakan Seni Tari, Seni Musik, Teater, Seni Instalasi dan tampilan lainnya.

Mereka akan menunjukkan kebolehannya di kampus Universitas PGRI Kediri pada 25 Agustus pukul 14.30-17.30 Wib dan puncak acara di Balai Kota Kediri pada 26 Agustus pukul 20.00 Wib.

Selain aksi, mereka juga dijadwalkan akan menggelar diskusi seni untuk berbagi pengalaman sekaligus inseminasi berkesenian dengan para pelajar maupun pegiat seni. Kegiatan itu juga dimeriahkan pemutaran film pendek.

Tahun ini merupakan tahun ke lima sekaligus ulang tahun pertunjukan seni keliling internasional itu. Para seniman dari berbagai latar belakang seni itu akan berkolaborasi dengan seniman dari beberapa daerah di Tanah Air yang selama ini menjadi lumbung seni di Indonesia.

Art Island Festival sudah berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia. Selain di Kediri, event tahunan itu juga berlangsung di Klungkung Bali, serta Kota Batu di Jawa Timur. Semakin banyak tempat yang dikunjungi inilah yang kemudian menjadi tema pertunjukan tahun ini, yaitu Mapping Indonesia.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya kita adakan di wilayah Kabupaten Kediri, kali ini kita eksplor di wilayah Kota Kediri. Memetakan tempat-tempat di Kediri," kata Iwan, Koordinator Art Island Festival wilayah Kediri pada Kompas.com, akhir pekan lalu.

-

Arsip Blog

Recent Posts