Sanggar Kabaresi Tampilkan Adat dan Budaya Maluku

Ambon, Maluku - Untuk kesekian kalinya Sanggar Kabaresi, mengelar pertunjukan seni dengan menampilkan adat dan budaya orang Maluku. Pentas seni ter­sebut dipusatkan di gedung Ashari Al-Fatah Ambon, Kamis (11/9)

Kepala Dinas Parawisata Kota Ambon Hengky Sopacua, dalam sambutannya saat membuka acara itu, mengatakan pentas seni ini iba­ratkan sanggar ini mengajak gene­rasi muda untuk kembali mengenali adat dan kebudayaan orang Maluku.

“Acara ini dilakukuan untuk me­ngajak generasi muda untuk menge­nal budaya orang Maluku yang selama ini tidak pernah terlihat dan tidak pernah di pertontonkan sehi­ngga banyak generasi muda tidak megetahuinya,” kata Sopacua.

Menurutnya, ada sejumlah sang­gar yang selama ini masuk dalam binaan Dinas Pariwisata Kota Ambon, namun ada juga yang berdiri sendiri.

“Saya tidak tahu ada berapa sa­nggar, namun yang jelas ada sang­gar yang berdiri dibawah naungan pemerintah tapi ada juga sanggar yang berdiri sendiri karena mereka mampu membiayai diri sendiri,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Minat dan Bakat pada Sanggar Kabaresi,Levi Mailoa mengatakan, pertunjukan ini sudah sering dilakukan keliling Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

“Kegiatan ini kita juga pernah pentaskan di Belanda dan kami akan lakukan seperti ini keliling Indonesia terutama pada daerah-daerah dimana terdapat orang Maluku,” ujarnya.

Menurutnya, acara ini dilakukan untuk mengingatkan kepada gene­rasi muda terhadap kebudayaan orang Maluku yang selama ini dilu­pakan sehingga setiap generasi muda bisa kembali mengingat budayanya sendiri.

-

Arsip Blog

Recent Posts