Tim Tari Indonesia Kalahkan 21 Negara di Bulgaria

Jakarta - Tim Gantari Gita Khatulistiwa (GGK) Indonesia berhasil menorehkan prestasi dan secara gemilang mengalahkan 21 negara peserta dalam ajang "IV World Championship of Folklore 2014" di Bulgaria sebagai"Absolute World Champion of Folklore 2014".

Penyelenggara acara yang berlangsung dari tanggal 22 sampai 30 Agustus itu, mengumumkan tim asal Indonesia sebagai pemenang. Tim Indonesia menyisihkan para pesaing berat yang mendapatkan trofi Golden Orpheus di lima besar yakni Rusia, Armenia, Bulgaria, dan Iran. Prestasi ini membuat Indonesia berada pada peringkat pertama World Rank List of Folklore (WRLF) yang disusun oleh World Association of Folklore Festivals.

Anggota Grup Tari GGK terdiri dari 60 anggota yang berasal dari para pelajar/penari dari SMA Lab School Cibubur, Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan grup musik tradisional Garuda Muda. Tim yang dipimpin Leo Mokodompit menampilkan tari Saman yang dimodifikasi , tari Greget Dinke (Betawi), Katong Parangpuan (Papua), dan Tamananai (Sumbar) merupakan gabungan dari tari Indang, Randai dan Tempurung.

Tidak hanya GGK yang menoreh prestasi pada ajang tersebut, Tim Tari dari Universitas Hasanuddin juga meraih juara kedua kategori Dance Ensemble; dan Grup musik tradisional Garuda Muda yang merupakan grup musik GGK mendapatkan juara pertama kategori Instrument Ensamble.

World Folk 2014 festival budaya terbesar di Bulgaria dan Eropa diadakan setiap tahun diikuti 90 grup tari dari 21 negara dengan peserta mencapai sekitar 3000 orang sebagian besar berasal dari negara tetangga Bulgaria dan negara lainnya seperti Iran, Cina, Rusia, Georgia, Armenia, Kroasia, Turki.

-

Arsip Blog

Recent Posts