300 Penari dan Pemusik Siap Buka Pekan Olahraga Provinsi

Samarinda, Kaltim - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Kaltim tinggal menunggu hitungan hari. Sejumlah persiapan pun terus dimatangkan untuk menyukseskan ajang empat tahunan ini.

Demi memeriahkan acara tersebut akan ada penampilan 300 penari dan pemain musik di acara pembukaan Porprov, selama 30 menit. Mereka dikomandoi Hamdani, selaku sutradara pagelaran tari massal Porprov, dan dibantu oleh asistennya Iwan Setiawan, Hartapik, Iwan Kukubus, serta penata musik Bob Aridimansyah.

Hamdani mengatakan, penari yang mengisi acara tersebut berasal dari berbagai latar pendidikan yang berbeda, kolaborasi pelajar dan mahasiswa. “Selain itu kami juga merangkul Sanggar Tari Borneo Etnika dan Sanggar Tari Talabang,” ujarnya.

Ditambahkan oleh dia mereka yang terdaftar sebagai penari tersebut direkrut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

Selain itu, Hamdani mengatakan ada berbagai jenis tarian nantinya yang akan dipertunjukkan. “Tari hudoq, perang, enggang terbang, jepen, dan kontemporer teatrikal,” terangnya.

Dijelaskannya tarian tersebut memiliki makna khusus. “Selain melambangkan semangat seni budaya Kaltim, semangat olahraga pun akan terlihat nantinya pada pertunjukkan tersebut,” jelas dia.

Halaman parkir Kompleks GOR Segiri Samarinda menjadi arena untuk memantapkan diri, sejak 6 Oktober lalu. “Sebelumnya kami berlatih di Taman Budaya Samarinda, namun karena tak dapat menampung banyak orang akhirnya kami pindah,” ujar Hamdani.

3 November nanti akan dilangsungkan geladi bersih. Untuk itu dia berharap penarinya tersebut mampu tampil sukses nantinya. “Selain itu ketika mereka kembali ke sekolah, memiliki bekal menari,” tutup Hamdani.

-

Arsip Blog

Recent Posts