Batik "Jonegoroan" Jadi Seragam Konferensi Anak Indonesia

Bojonegoro, Jatim - Batik "Jonegoroan" dengan motif "Sekar Jati" produksi perajin batik di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan menjadi seragam 36 siswa SD berprestasi dalam Konferensi Anak Indonesia dengan tema "Aksi Kecil Hidup Bersih" di Jakarta, 26--31 Oktober mendatang.

Humas PKK Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiarto, di Bojonegoro, Minggu, mengatakan terpilihnya batik "Jonegoroan" di ajang Konferensi Anak Indonesia tersebut bisa menjadi ajang promosi batik Jonegoroan.

Batik motif Sekar Jati itu, merupakan produksi perajin batik "Planet 99", yang menjadi binaan PKK pemkab di daerahnya.

"Kain batik motif Sekar Jati yang akan dimanfaatkan untuk pakaian seragam sudah dikirimkan kepada panitia Konferensi Anak Indonesia di Jakarta. Soal bentuk pakaiannya akan dikerjakan panitia Jakarta," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya memilih motif Sekar Jati di antara banyak motif batik Jonegoroan lainnya, karena merupakan ciri khas daerahnya.

"Banyak motif batik Jonegoroan, tetapi motif Sekar Jati bisa mewakili khas Bojonegoro, karena sebagai daerah penghasil kayu jati," paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan sebanyak 36 siswa di ajang Konferensi Anak Indonesia yang digelar Majalah Bobo, bekerja sama dengan "World Bank", Kementerian Kesehatan akan mengenakan seragam batik Jonegoroan dengan motif Sekar Jati.

"Batik motif Sekar Jati juga akan menjadi cendera mata di acara itu," tandasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts