Gelar Budaya Rakyat Dirancang Jadi Kegiatan Kelas Dunia

Jakarta - Gelar Budaya Rakyat, lanjutan rangkaian acara Syukuran Rakyat menyambut presidan baru Indonesia, dirancang menjadi kegiatan berkelas dunia. Sekretaris Umum Gelar Budaya Rakyat Eddhi Wahyudi mengungkapkan, acara itu diciptakan untuk meningkatkan Indonesia di mata dunia.

"Kembalikan bangsa Indonesia (sebagai) bangsa budaya di mata dunia. Makanya, kita ciptakan itu. Sejauh ini, kita tidak punya event kelas dunia yang mengangkat budaya Indonesia. Biasanya (hanya sebatas) nasional saja budaya itu," kata Eddhi kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Gelar Budaya Rakyat dari Rumah Kreasi Indonesia Hebat itu rencananya dilaksanakan pada 1-2 November 2014 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Menurut Eddhi, kegiatan ini akan digelar rutin setiap tahun dan dimeriahkan dengan pertunjukan wayang, parade, hingga musik tradisional.

Penyelenggaraan rutin itu guna menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki beraneka ragam budaya. Rencananya kegiatan tahunan ini digelar setiap November.

"November itu kan kita memperingati Hari Pahlawan. Ini buat event tahunan November (sekaligus) peringati budaya," ucap dia.

Eddhi menambahkan, Gelar Budaya Rakyat merupakan acara yang bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts