Kementerian Perindustrian Gelar Pameran Batik

Jakarta - Kementerian Perindustrian RI bersama Yayasan Batik Indonesia menggelar pameran batik dengan tema "Sogan Seni Batik Klasik" di Lobby Kementrian Perindustrian, Jakarta, 30 September hingga 30 Oktober.

"Batik sogan merupakan batik bernuansa klasik dengan warna dominan dan variasi warna coklat yang menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu soga," kata Sekertaris Direktoral Jendral Industri Kecil Menengah, Busharmaidi, Selasa.

Dirjen Industri, Argo Panggah Susanto mengatakan batik merupakan warisan budaya Indonesia dan juga identitas bangsa, oleh sebab itu harus diberikan penghargaan berupa perlindungan.

"Perlindungan bagi para pembatik atas karya intelektualnya diatur melalui Undang-Undang No.19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta yang bertujuan untuk mencegaj terjadinya penggunaan atau pemanfaatan budaya tradisional Indonesia khususnya seni batik tradisional yang dilakukan oleh pihak asing yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Ia juga mengtakan batik Indonesia telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan perkembangan itulah membuat eksistensi batik sebagai identitas bangsa semakin kuat.

Sebanyak 54 perajin batik yang berasal dari Solo, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Pekalongan, Surakarta, Banjarnegara, Madura dan Jakarta mengikuti pameran ini.

Pada 2 Oktober yang menjadi Hari Batik Nasional, Ibu Negara Ani Yudhoyono akan hadir dalam Pameran Batik Warisan Budaya VII itu.

Selain itu akan ada penghargaan untuk desainer batik muda berkarya dan peragaan busana oleh delapan perancang busana ternama yang memamerkan karya batik sogan mereka.

Ingin Populerkan Batik Sogan

Yayasan Batik Indonesia ingin mempopulerkan batik sogan, yang biasanya hanya dipakai untuk kesempatan resmi.

Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia Yultin Ginanjar Kartasasmita mengatakan yayasannya ingin batik sogan bisa populer di banyak kalangan, termasuk di kalangan anak-anak muda.

"Kami akan membuat pagelaran busana sehingga orang bisa melihat bahwa sogan tidak hanya bisa dipakai pada kesempatan klasik, tapi juga pesta dan dipakai anak muda," katanya di Pameran Batik Warisan Budaya VII di Kementerian Perindustrian Jakarta, Selasa.

Upaya untuk mempopulerkan batik sogan antara lain dilakukan dengan memberdayakan perancang Indonesia untuk membuat ragam rancangan busana batik sogan.

Desainer yang diminta membuat rancangan busana batik sogan antara lain Oscar Lawalata, Barli Asmara, Stephanus Hamy, Era Soekamto, Didiet Maulana, Bi, Parang Kencana dan Danar Hadi.

"Agar sogan tidak hanya diminati untuk paduan kebaya, tapi juga untuk pakaian," ujar dia.

Batik sogan adalah batik klasik dengan warna dominan coklat yang pewarnaannya menggunakan batang kayu pohon soga. Batik sogan identik dengan motif keraton Jawa seperti Yogyakarta dan Solo.

-

Arsip Blog

Recent Posts