Perajin Batik Pameran di Borobudur

Mungkid, Jateng - Para perajin batik di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, mengikuti pameran produk kreatif yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Museum Karmawibhangga, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, 17-19 Oktober 2014 mendatang.

"Para perajin batik yang akan pameran itu, berasal dari sejumlah desa di sekitar Candi Borobudur. Diantaranya dari Kelompok Tingal dan Lumbini (Desa Wanurejo), Chatra dan Mandala (Desa Borobudur)," kata Sekretaris Peguyuban Batik Kawasan Candi Borobudur "Mandala" Kabupaten Magelang Adi Winarto.

Selain itu, kata Winarto, ada juga kelompok Noreh dan Makara (Desa Majaksingi), Menoreh (Desa Giritengah) dan Watu Kendil (Desa Candirejo). "Mereka akan menampilkan berbagai produk batik berciri khas Candi Borobudur, seperti dalam bentuk pakaian, tas, sandal, dan kain. Pameran mendatang untuk mendorong apresiasi masyarakat dan meningkatkan kreativitas pembatik baik dalam desain maupun mutu produk," katanya.

Beberapa waktu lalu, katanya, para perajin juga mengikuti pelatihan peningkatan keterampilan dan pengembangan motif khas batik lokal, kerja sama peguyuban tersebut dengan Kemenparekraf. "Ini pameran pembatik Borobudur yang ketiga sejak beberapa tahun terakhir dengan pendampingan dari Kemenparekraf," pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts