Wow, Serunya Pawai Budaya HUT ke-258 Kota Yogyakarta

Yogyakarta - Suka liburan ke Yogyakarta? Tahukah Anda kota ini sudah berumum 258 tahun. Ribuan warga di sana merayakannya dengan menggelar pawai budaya di kawasan Malioboro. Meriah!

Acara karnaval budaya dimulai pukul 19.00 WIB, Selasa (7/10/2014) yang dipusatkan di kawasan Malioboro. Kawasan Taman Parkir Abu Bakar Ali yang berada di sebelah selatan pintu KA Stasiun Tugu Yogyakarta menjadi pusat pemberangkatan peserta hingga finish di Titik Nol Kilometer di simpang empat Kantor Pos Besar Yogyakarta.

Sebelum kirab dimulai, petugas dari Polresta Yogyakarta telah menutup kawasan tersebut sejak pukul 18.00 WIB. Namun sebelum kawasan Malioboro ditutup sejak pukul 17.00 WIB Taman Parkir Abu bakar Ali telah dipenuhi para peserta.

Peserta pawai dari seluruh kecamatan dan kelurahan seluruh Kota Yogyakarta, sekolah-sekolah, perguruan dan berbagai komunitas kesenian. Beberapa sekolah yang turut serta diantaranya SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, SMKN 6 Yogyakarta, Stikes Bethesda Yogyakarta dan lain-lain.

Tepat pukul 19.00 WIB, pawai budaya dimulai. Semua peserta harus mempertunjukkan atraksi selama pawai berlangsung. Sementara itu ribuan masyarakat menyaksikan dari trotoar di kanan dan kiri di sepanjang Malioboro. Beberapa atraksi diantaranya kelompok kesenian dari kampung-kampung di Kota Yogyakarta. Ada yang mempertunjukkan kesenian kuda lumping/jatilan, calung, salawatan, drumband hingga bregada prajurit.

Salah satu wisatawan asal Lampung, Deviana (26) mengungkapkan awalnya dia bersama keluarga hanya akan menghabiskan suasana malam di kawasan Malioboro saja. Karena besok siang harus kembali ke Lampung. Dia mengaku tidak tahu bila ada kegiatan seperti ini. Saat berada di Maliboro sejak pukul 17.00 WIB baru tahu ada pawai memperingati ulang tahun kota.

"Kami senang ada pawai seperti ini. Malioboro dan Kota Yogyakarta jadi lebih semarak. Kota lain harus meniru kegiatan semacam ini untuk daya tarik wisatawan," ungkapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts