Bupati Buka Festival Budaya Masyarakat Batang Gangsal

Batang, Riau - Festival Batang Gangsal tahun 2014 di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Jumat kemarin yang dibuka langsung Bupati Inhu H.Yopi Arianto, ditandai dengan pemukulan kentongan bambu, penanaman pohon Salo dan pelepasan lomba pacu sampan di Sungai Gansal.

Festival Batang Gangsal itu, diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang dihadiri ratusan masyarakat dari Desa Rantau Langsat dan sekitarnya serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Festival Budaya itu untuk mengangkat budaya lokal masyarakat khususnya Suku Talang Mamak sekaligus upaya pelestarian alam, dan akan menjadi agenda rutin tahunan dan akan masuk dalam kalender pariwisata di Kabupaten Inhu.

Bupati Inhu H.Yopi Arianto berharap melalui Festival tersebut akan mampu mengundang daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara untuk berkunjung ke Kabupaten Inhu, khususnya ke TNBT,” ujar Armansyah.

"Pada pelaksanaan Festival Batang Gangsal 2014, akan digelar sejumlah lomba yang akan diikuti masyarakat Suku Talang Mamak. Diantaranya lomba membuat kerajinan dalam bentuk souvenir, lomba pencak silat tradisional, lomba musik gambus, pacu rakit bambo, pacu sampan, lempar tombak dan gasing,” ucap Bupati H.Yopi, Ahad (16/11).

Selain itu digelar lomba untuk masyarakat umum diantaranya, lomba mincing, fotografi dan sepeda gunung. “Khusus untuk sepeda gunung, peserta akan melintasi sejumlah track yang menjadi objek wisata di sekitar TNBT,” jelasnya.

Dan berharap tahun depan Festival Batang Gansal dapat lebih meriah dari tahun ini dan melibatkan penampilan serta budaya masyarakat dari kecamatan lain. Maka bahwa untuk meningkatkan kunjungan wisata baik domestic maupun manca Negara di TNBT, Pemkab Inhu akan berupaya untuk meningkatkan sejumlah fasilitas penunjang di TNBT.

Kepala Balai TNBT Amon Zamora mengungkapkan bahwa Festival Batang Gangsal ini diharapkan mampu memperkenalkan TNBT dan adat budaya masyarakat Suku Talang Mamak ke pihak luar. Sehingga diharapkan mampu mengundang daya tarik wisatawan lokal maupun manca Negara.

“TNBT memiliki daya tarik seperti keindahan alam, habitat Harimau Sumatera hingga adat istiadat Suku Talang Mamak yang tidak ada di tempat lain. Jika kunjungan wisatawan domestik dan manca negara meningkat, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara Kabag Humas Sekda Kab Inhu Jawalter mengungkapkan dalam kegiatan tersebut hadir Sekda Kab Inhu Drs HR Ersiman Msi, kepala TNBT Kabupaten Inhu Ir Among Zamora, para Kadis, Kaban, Kantor, Camat dan sejumlah kepala desa disana.

Dalam kesibukan Festival Budaya itu, juga Bupati Inhu H.Yopi Arianto menyerahkan simbolis bantuan bibit Salo kepada masyarakat disana. Karena pemukiman disana termasuk wilayah sekitar pinggiran kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

"Pohon Salo merupakan tanaman yang tumbuh sekitar kawasan TNBT itu. Sehingga masyarakat diharapkan dapat menanam dan memelihara dengan baik untuk peduli lingkungan,” ungkapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts