Lestarikan Budaya Betawi, LKB Gelar Pesta Seni

Jakarta - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) pagi ini menggelar acara akbar Cinte Betawi Ke-3 bertema “Kibar Budaya untuk Negeri” di Lapangan Monumen Nasional (Monas).

Kegiatan berskala nasional ini melibatkan 1.000 pelaku seni dan 20.000 peserta jalan sehat budaya dengan mengenakan busana motif batik Betawi.

"1000 pelaku seni seperti seniman daerah, seniman wayang dan arsitektur rangka akan hadir dalam acara ini, ditambah sekitar 20.000 peserta juga akan memadati Monas untuk memeriahkan," tutur Ketua Umum LKB Tatang Hidayat kepada Okezone, Minggu (23/11/2014).

Tatang mengatakan, acara Cinte Betawi 2014 ini dikemas dalam bentuk parade, pergelaran kolaborasi seni budaya mancanegara oleh Soka Gakkai Indonesia, serta bazar. Ia berharap, melalui acara ini, budaya betawi dapat secara luas dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya.

Acara ini juga menjadi ajang media internalisasi promosi seni budaya tradisional Betawi sebagai budaya khas Ibu Kota Indonesia. "Acara Cinte Betawi ini telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya terhitung sejak 2010 dan nantinya acara ini akan memecahkan Rekor Muri pemakaian busana bermotif batik Betawi terbanyak," jelasnya.

Oleh karenanya, Tatang mengajak peran serta warga Jakarta baik sebagai pengunjung maupun peserta jalan sehat untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam acara ini. " Ini sebagai bentuk penghormatan jasa pahlawan sekaligus wujud kecintaan terhadap budaya bangsa,” harapnya.

Pantauan di lapangan, acara Kibar Budaya Untuk Negeri ini telah dimulai pada pukul 07.00 WIB. Penumpukan peserta sudah terlihat di lokasi dengan mengenakan kaos batik bermotif betawi itu.

-

Arsip Blog

Recent Posts