Untirta Gelar Pesta Seni Budaya Tradisional

Serang, Banten - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paguyuban Seni Budaya Tradisional Mahasiswa (Pandawa) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan festival budaya bertajuk Tirtayasa Traditional Festival (TTF) 2014. Gelaran tahunan UKM Pandawa tersebut terdiri dari berbagai lomba dan pertunjukan seni.

"Ada pertunjukkan seni tari dan silat dari Pandawa. Untuk lomba, ada silat dan tari untuk SMP dan SMA, lomba poster untuk SMP, SMA dan mahasiswa. Ada juga Lomba Karya Tulis Seni Budaya (LKTSB) untuk mahasiswa," kata panitia TTF 2014, Elis Nopiyanti di Teater Terbuka Untirta, Rabu (12/11/2014).

TTF 2014 yang dibuka hari ini dan berlangsung hingga Jumat, 14 November mendatang diawali dengan penyerahan piala bergilir oleh Rektor Untirta, Prof. Sholeh Hidayat. Piala bergilir tersebut akan diperebutkan oleh para peserta lomba.

"Selain acara tahunan Pandawa, kami ingin dengan adanya acara ini mahasiswa dan masyarakat dapat lebih mengenal dan mencintai budaya tradisional, khususnya budaya Banten, agar budaya tradisional tidak hilang," ucap Elis.

TTF 2014, lanjut Elis, tidak hanya menyuguhkan seni tari dan silat, namun juga seni musik tradisional. Hal tersebut tampak sepanjang acara yang selalu menyertakan musik tradisional untuk mengiringi berbagai pertunjukan seni yang disuguhkan.

Setidaknya ada 20 padepokan silat se-Banten ambil bagian dalam acara ini. Para peserta juga terdaftar di lomba-lomba yang digelar UKM Pandawa. Tampak pula jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten turut hadir menyaksikan acara.

"Hari ini digelar perlombaan silat, poster dan LKTSB. Sedangkan Kamis dan Jumat nanti akan ada perlombaan tari dan silat," kata Elis.

-

Arsip Blog

Recent Posts