Bregodo Kraton Buka Perjalanan Kirab Budaya Klasik Kraton

Yogyakarta - Bregodo atau prajurit Kraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman mengawali prosesi Kirab Budaya dalam rangka Festival Seni Budaya Klasik yang diadakan di Pura Pakualaman, Rabu (17/12) siang.

Kirab bregodo yang terdiri dari beberapa pasukan seperti Plangkir dan Lombok Abang tersebut akan melintasi perjalanan mengelilingi Benteng Kadipaten Puro Pakualaman yaitu dari Puro Pakualaman menuju Jalan Mangunsakoro, Jalan Gayam, Jalan Bausasran, Jalan Gajah Mada kemudian ke Jalan Sultan Agung dan kembali ke Puro Pakualaman.

Kirab budaya yang diawali dengan bregodo Kraton tersebut merupakan rangkaian acara pembukaan festival seni budaya klasik yang akan diselenggarakan di Pura Pakualaman 17-20 Desember 2014 ini.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono mengungkapkan bahwa Festival budaya klasik tersebut merupakan bentuk melestarikan budaya klasik dari 8 Kraton di Jawa. "Ini ada 8 Kraton dari Jawa yaitu Yogyakarta, Pakualaman, 2 dari Kasunanan Surakarta dan 4 dari Kraton Cirebon," ungkapnya.

Harapannya, melalui acara festival budaya klasik ini nantinya akan terjalin kembali persaudaraan dalam hal kebudayaan dari seluruh Kraton yang ada di Jawa. "Harapannya, nantinya akan ada proses pembelajaran yang terjadi di antara seluruh elemen Kraton dan juga masyarakat. Tentunya agar menjadi lebih mengerti kebudayaan masing-masing," lanjutnya.

Kirab budaya DIY yang mengawali festival tersebut diikuti oleh 12 paguyuban seni dari seluruh DIY. Masing-masing menyuguhkan kesenian khas dari daerah masing-masing seperti Kethoprak Thek-Thek dan Jathilan.

-

Arsip Blog

Recent Posts