Di KBT Ada Pentas Budaya Betawi

Jakarta - Pentas budaya Betawi disuguhkan di bantaran Kanal Banjir Timur (KBT) Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat. Berbagai atraksi budaya khas Betawi tempo dulu dan atraksi dayung di KBT akan memeriahkan parade tersebut.

Acara yang digelar Dinas Pariwisata DKI ini, upaya untuk menjadikan KBT sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Jakarta Timur. Pasalnya, KBT yang diciptakan mantan Gubernur Sutiyoso, memberikan banyak sarana bermain dan olah raga bagi warga.

Kepala Seksi Profesi SDM Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Sita Erna mengatakan, kegiatan yang dikemas dalam bentuk Unjuk Laga Atraksi Panggung (ULAP) ini sekaligus sebagai promosi kawasan KBT untuk menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta.

“Melalui kegiatan ini, kami juga memberikan kesempatan pada masyarakat untuk berunjuk laga menampilkan bakat dan potensi, terutama di bidang budaya Betawi,” ujar Sita, saat membuka acara tersebut, Jumat (12/12).

Menurutnya, berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar menjadi rentetan acara tersebut. Dimana kegiatan lomba layang-layang, atraksi perahu, dayung, layar tancap, pesta lampion hingga pesta kembang api menghiasi acara tersebut. “Pada Sabtu (13/12) pagi, kami juga mengajak warga untuk berlomba-lomba membersihkan sampah disepanjang bantaran KBT,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Ruly Bayu mengatakan, kegiatan yang digelar dua hari ini diisi dengan berbagai acara. Dimana grup band ternama di Indonesia seperti Jiung Band, Riff, Naff dan D’bagindas Band dan Lina Geboy, akan memeriahkan acara tersebut. “Jumat (12/12) malam, acara marawis yang ditampilkan dari anak-anak wilayah Jatinegara juga kami tampilkan,” ungkapnya.

Untuk Sabtu (13/12), selain lomba bersih-bersih, lomba perahu hias sebanyak empat perahu, atraksi barongsai dan lomba layang-layang yang diikuti 200 an peserta, menjadi acara selanjutnya. “Kegiatan ini sengaja digelar untuk menghibur masyarakat. Mereka yang rindu dengan kebudayaan Betawi, silahkan datang ke KBT gratis, dijamin mereka bisa bernostalgia,” kata Ruly.

-

Arsip Blog

Recent Posts