FMB 2014: Meranti Perkukuh Jati Diri

Selatpanjang, Riau - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Ishak Izrai, Minggu (14/12/2014) malam membuka secara resmi acara Festival Meranti Berdendang (FMB) ke 4 tahun 2014 di Selatpanjang. Dengan FMB ini pula diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian dan tumbuh kembangkan budaya melayu di bumi Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saya sangat menghargai dan menyambut gembira serta mendukung sepenuhnya diselenggarakannya acara ini, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian dan tumbuh-kembangkannya budaya melayu di bumi Kabupaten Kepulauan Meranti," kata H Ishak Izrai dalam sambutannya Minggu malam itu.

Disampaikan Ishak lagi, kegiatan ini dinilai sangat strategis sebagai salah satu upaya mewujudkan visi Riau 2020 yang ingin menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Ia berharap, semoga FMB keempat ini akan memacu kreativitas para seniman dan dapat meningkatkan apresiasi terhadap keragaman seni budaya di daerah ini.

"Festival ini merupakan salah satu dari event tahunan yang dicanangkan oleh Pemkab Meranti melalui bidang Kesenian dan Pariwisata dan menjadi agenda tetap Kabupaten Kepulauan Meranti serta masuk dalam kalender wisata daerah. Festival ini dimaksudkan sebagai salah satu wadah daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Kabupaten kepulauan Meranti," tambah Ishak lagi.

Kata Ishak pula, melalui FMB ini ini tentunya merupakan upaya-upaya penguatan kebudayaan dan kesenian, khususnya seni-seni tradisional melayu harus. Ini harus digerakkan dan terus dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan, dengan berbagai cara dan kiat serta itikad luhur sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap masa depan.

Harapan terkandung, semoga Kabupaten Meranti menjadi sebuah laman bermain yang besar bagi sebuah warisan dari seni-seni Melayu, dan laman untuk memperjkukuhkan jati diri," tuturnya lagi.

Terlihat beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Meranti malam itu, diantaranya Sekretaris Disparpora Kabupaten Kepulauan Meranti H Ismail Arsyad, dan beberapa pejabat lainnya. Terlihat hadir juga beberapa group musik maupun lawak yang nampak malam itu, serta ratusan masyarakat Kepulauan Meranti.

-

Arsip Blog

Recent Posts