Hajat Lembur Tampilkan Seni Tradisional

Cimahi, Jabar - Sebagai upaya menjaga lingkungan lewat tradisi seni budaya, masyarakat Kp. Babakan Loa Kaler RW 7 RT 2 menggelar Hajat Lembur di Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Minggu (7/12/2014). Berbagai potensi masyarakat ditampilkan dalam kegiatan yang dilangsungkan seharian tersebut.

Tema kegiatan yaitu "Jaga Lemah, Jaga Cai, Jaga Budaya". Lewat seni tradisi, masyarakat melakukan berbagai upaya untuk Menjaga Tanah, Menjaga Air dan Menjaga Budaya warisan leluhur.

Menurut pimpinan Bandoengmooi Hermana, kawasan Babakan Loa seakan terisolir karena terhimpit tembok perumahan elite Setraduta. "Dalam kondisi terhimpit, masyarakat setempat sangat sadar untuk senantiasa memelihara budaya leluhur. Diantaranya, perhelatan seni dengan sebutan Hajat Lembur," katanya.

Hajat Lembur adalah ungkapan rasa syukur masyarakat atas pencapaian dan ketentraman hidup. Sebuah evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan dan merancang hal-hal yang lebih baik bagi kehidupan masyarakat untuk masa yang akan datang.

"Pada jaman dulu, hajat lembur digelar tiap musim kemarau saat warga sauyunan membersihkan saluran air agar tak tersumbat untuk mengalir ke pesawahan. Di malam harinya, warga menggelar pagelaran seni. Hal ini sempat luntur dan kami mencoba membangkitkan kembali," ujarnya.

Hajat Lembur diselenggarakan dengan menggelar Pameran Produk Kreatif masyarakat sekitar dan pergelaran kesenian tradisional Sunda. Hingga wayang golek kolaborasi dengan dalang Dede Candra Sunarya (putu Giri Raharja).

Kegiatan tersebut sekaligus meresmikan Balai Belajar Bersama, dimana masyarakat bisa belajar berbagai kesenian dan tradisi termasuk pelatihan batik Cimahi.

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB bertempat di Jalan Babakan Loa RT 02 RW 07 Kelurahan Pasirkaliki, Kota Cimahi.

"Kegiatan ini digelar dengan maksud membangun tali silaturahmi diantara masyarakat, mempromosikan potesi masyarakat dan memberi kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan, yakni menjaga tanah, menjaga air dan menjaga budaya," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts