Kasal Terima Gelar Kebesaran Adat Melayu `Datok Wira Lela Segara`

Tanjungpinang, Kepri - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio menerima gelar kehormatan adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau “Datok Wira Lela Segara”, di Gedung Daerah Gubernur Kepulauan Riau.

Diberikannya gelar tersebut kepada Kasal, karena Laksamana TNI Dr. Marsetio dinilai telah memberikan kontribusi yang besar terhadap dan telah menjunjung tinggi nilai-nilai adat Melayu.

Datok Wira Lela Segara, adalah gelar yang berarti Datok Samudera yang Gagah Berani. Pemberian gelar tersebut dilaksanakan dalam sebuah upacara pengukuhan yang diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Alquran, dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Lembaga Adat Melayu (LAM), serta pemasangan Tanjak, Salempang, Keris, dan Warkah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum LAM Datok Sri Setia Amanah H. Abdul Razak mengatakan, bahwa pemberian gelar ini melalui hasil pertimbangan LAM karena Laksamana tni Dr. Marsetio Memiliki hubungan yang sangat baik dan kedekatan emosional dengan Masyarakat Melayu di Kepulauan Riau. “Dari gelar tersebut memiliki harapan dan doa-doa, jika diuraikan lebih dalam gelar tersebut memiliki harapan dapat terwujudnya negara maritim yang jaya”.

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Kepri H. Muhammad Sani yang juga merupakan tetua tokoh adat setempat mengucapkan selamat kepada Laksamana TNI Dr. Marsetio atas penganugerahan gelar kehormatan tersebut, ‘’Datok telah menjadi bagian dari kami, gelar tersebut adalah sebuah kemuliaan dan menjadi kehormatan yang harus dijunjung dan dijaga”.

Pada kedatangannya di Kepri, Kasal selain menerima Gelar Kehormatan, sebelumnya juga melaksanakan Peletakkan batu pertama Musholla Ar-Rasyid di Rumkital dr. Midiyato Suratani, peresmian Masjid As Sunnah Guskamla Koarmabar, , dan Masjid Miftahul Jannah Ds. Sebubus Kecamatan Paloh, yang dilaksanakan secara simbolis dengan melaksanakan penandatanganan prasasti saat tiba di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjung Pinang.

-

Arsip Blog

Recent Posts