Pesta Laut Bontang Kuala Wahana Lestarikan Budaya

Bontang, Kaltim - Wali Kota Bontang Adi Darma bersama istrinya Najirah, Wawali Isro Umarghani juga bersama istrinya Siti Aini Rochmah menghadiri pembukaan Pesta Laut yang digelar Kerukunan Keluarga Besar Asli Bontang (KKBAB) di Panggung Adat Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Senin (8/11) lalu.

Selain dihadiri Wali Kota Adi Darma, acara yang masuk agenda tahunan ini dihadiri Aji Pangeran Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Plt Sekkot HM Syirajudin, dan pejabat unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya.

Dalam sambutanya, Wali Kota Adi Darma menyampaikan bahwa Pesta Laut merupakan bukti kepedulian masyarakat terhadap kelestarian dan kearifan budaya lokal. Menurut wali kota, Pesta Laut Bontang Kuala selain mencerminkan sebagai kota industri juga merupakan kota budaya.

"Pelaksanaan Pesta Laut ini salah satu wujud dari upaya pelestarian dan pengembangan budaya asli masyarakat Bontang yang tentunya tidak terlepas dari kepribadian bangsa Indonesia yang harus dilestarikan bersama. Mari kita maanfaatkan Pesta Laut ini menjadi ajang promosi budaya Kota Bontang," ujarnya.

Adi Darma berharap, melalui Pesta Laut ini dijadikan sebagai wahana informasi dan promosi seni budaya atau adat tradisional masyarakat Kota Bontang yang dilestarikan dan dipasarkan kepada masyarakat luar.

Lurah Bontang Kuala Eko Mashudi saat ditemui media ini mengajak seluruh masyarakat Bontang untuk turut memeriahkan Pesta Laut Bontang Kuala.

Yaitu dengan berbondong-bondong datang menyaksikan berbagai perlombaan tradisional, serta ritual-ritual adat Bontang Kuala.

-

Arsip Blog

Recent Posts