Seniman Pertunjukan Berbagai Negara Ramaikan Jakipa 2014

Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah untuk event bertaraf internasional, Jakarta International Performing Art (Jakipa 2014). Acara yang digelar di Plaza Taman Monas, Jakarta Pusat selama dua hari para Sabtu (6/12) - Minggu (7/12) kemarin ini diramaikan 100 pengisi dari lima negara.

Nama-nama seperti Ras Muhamad dan Kuno Kini (Indonesia), Musik Sanshin serta Genderang Taiko Okinawa (Jepang), Jordan Adams (Australia), dan Natasha Usmar (Inggris) ikut bergabung. Ada pula seniman dari Perancis.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Arie Budhiman, Jakipa tahun ini mengambil tema 'Art Meets Culture'.

"Seni pertunjukan merupakan seni kreatif kontemporer yang dikembangkan dari seni tradisi dan kearifan lokal yang tumbuh di masyarakat setempat. Indonesia kaya akan budaya dan seni pertunjukan berkembang cukup pesat. Oleh karena itu diharapkan masyarakat lebih menghargai budaya sendiri sebagai jati diri dan bangga menjadi bangsa Indonesia," ujar Arie Budhiman, saat jumpa pers di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (5/12).

Dilibatkannya beberapa seniman pertunjukan dari beberapa negara bertujuan untuk menjaga hubungan diplomasi. Sebab menurut Budhiman, hubungan diplomasi bisa dari berbagai aspek.

"Hubungan diplomasi harus dijalin dari berbagai aspek, salah satunya bisa dari seni. Pemilihan sangat ketat, karena dengan apa yang mereka tunjukkan sudah di level dunia. Makanya, kami juga menyelenggarakan ini di Monas sebagai ikon Jakarta," pungkas Arie Budhiman.

-

Arsip Blog

Recent Posts