Awas….Batik Pekalongan diklaim Vietnam!

Malang, Jatim - Batik sebagai warisan budaya ternyata tidak hanya diminati di Indonesia saja. Sebab, di luar negeri banyak negara yang menggandrungi baju batik Indonesia. “Untuk itu kita harus waspada. Sebab, batik Pekalongan sudah diklaim Vietnam. Padahal, batik itu kiriman dari Pekalongan,” ungkap Putri Batik Persahabatan, Insi Detia, di Malang, Minggu (11/1/2015).

Insi Destya mengaku mengetahui batik Pekalongan diklaim Vietan, justru saat berkunjung ke negara tersebut. Menurut Insi Detia yang jadi pemateri dalam Dialog Budaya bertajuk “Budaya di Tepi Jurang”, yang digelar ‎HMI Cabang Malang, Vietnam memproklamirkan batik Peklalongan sebagai resmi kenegaraannya.

“Terus terang saya kaget dan sedih melihat kondisi tersebut. Sebab, saya tahu persis batik yang mereka pakai dikirim dari Pekalongan,” katanya.

Makanya, di berjanji akan membawa kasus tersebut ke Kementerian Perindustrian dan Pariwisata. Sebab, ‎persoalan itu sudah menyangkut kenegaraan. “Jadi setelah dari sini, kami akan menggelar diskusi di Jakarta. Dalam dskusi yang melibatkan kementerian itu ‎ akan saya laporkan masalah Vietnam yang mengklaim batik Pekalongan sebagai baju resmi kenegaraannya,” papar dia.

Dia sangat berkeyakinan, ‎Vietnam akan mendapat teguran dari pemerintah Indonesia. “Teguran itu saya yakin akan menyadarkan Vietnam. Sebab, kalau mereka ditegur pasti malu,” katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign