Barito Utara akan Luncurkan Batik Motif Rintik Barito

Muara Teweh, Kalteng - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akan meluncurkan batik khas daerah setempat yang diberinama Rintik Barito.

"Rencananya peluncuran batik khas Barito Utara itu akan digelar pada Februari nanti oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah," kata Kabid Perindustrian pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Barito Utara, Roosmadianor di Muara Teweh, Senin.

Menurut Roosmadianor, batik Rintik Barito ini merupakan penyempurnaan dari tiga motif batik hasil lomba tahun lalu yaitu motif pisang bangkaran, seluang murik dan pasak bumi yang kini sedang disempurnakan.

"Rencanannya tahap pertama batik tersebut akan dicetak untuk kebutuhan baju batik PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara dan guru di daerah ini," katanya.

Roosmadianor mengatakan batik tersebut dicetak dalam desain tulis dan printing (cetak) di wilayah Kalimantan Timur dan Pulau Jawa, sebab daerah ini belum dapat memproduksi batik khas daerah sendiri.

Melalui batik dengan motif khas daerah itu dapat menjadikan satu kebanggaan daerah menggunakan produk asli ciptaan putra daerah yang akan didaftarkan dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

"Batik ini nantinya akan menjadi kebanggaan daerah dan salah satu produk unggulan khas daerah Kabupaten Barito Utara," kata dia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign