Cirebon Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara 2017

Bandung, Jabar - Cirebon akan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara yang akan digelar pada 2017, kata Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat.

"Hari ini kita lapor ke gubernur apa yang sudah dilaksanakan di Cirebon dan juga memohon pandangan serta masukan ke depannya apalagi di 2017 Cirebon jadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara," kata Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, di Gedung Sate Bandung, Rabu.

Pada acara Festival Keraton Nusantara 2017 tersebut, raja-raja se-Nusantara akan berkumpul di Cirebon.

Keraton Kasepuhan Cirebon, ujarnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari budaya Jawa Barat dan penerus Kerajaan Galuh Sunda Padjadjaran yang muara sejarahnya ada di Cirebon.

Destinasi wisata

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan terus mendorong agar Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi destinasi pariwisata sejarah andalan di Jawa Barat dan Indonesia.

"Tentu kita semenjak awal bersama pemerintah pusat terus berkomitmen melestarikan keraton ini," kata dia.

Menurut dia, salah satu komitmen untuk melestarikan keraton tersebut dengan membiayai di antaranya untuk operasional dan pelestarian keraton.

Selain itu, lanjut dia, Pemprov Jabar juga memberikan pehatian khusus pada pelestarian masjid dan SMK Kesenian di Keraton Kasepuhan Cirebon.

"Termasuk ke depan melestarikan masjid yang ada di sana, lebih terawat lagi, sekarang sudah baik, dipakai shalat dan shalat jumat. Di sana juga ada SMK Kesenian, juga kita lestarikan kita bina jadi sekolah maju," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign