Grup Karawitan Kodim Sukoharjo Alat Ketahanan Budaya

Sukoharjo, Jateng - Kodim 0726 Sukoharjo memiliki grup karawitan bernama Kartika Yudha Laras sejak 2011. Beranggotakan TNI, Persit Kartika Chandra KIrana dan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kodim ini menjadi salah satu ikon alat ketahanan budaya.

“Dengan membentuk ketahanan budaya, kami paling tidak dapat membentengi dari ancaman proxy war, yaitu ancaman yang mengarah kepada kehancuran Bangsa Indonesia. Salah satunya ya budaya kita,” kata Komandan Kodim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Riyanto, Minggu (25/1).

Dengan terjun langsung dalam berkesenian sudah termasuk menjalankan tugas TNI sebagai alat ketahanan negara dalam bidang ketahanan budaya. Pasalnya, budaya bangsa menjadi salah satu benteng untuk melindungi dari ancaman proxy war.

Grup karawitan ini juga sudah melakukan pementasan di berbagai ajang tingkat daerah maupun provinsi. Diharapkan keberadaan Kartika Yudha Laras ini dapat diterima masyarakat dan mampu membangkitkan gairah masyarakat untuk lebih mencintai budaya negeri sendiri.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign