Kain NTB Ditampilkan di New York Fashion Week

Jakarta - Busana karya Dian Pelangi, Barli Asmara dan Zaskia Sungkar yang dibuat dari kain Nusa Tenggara Barat (NTB) akan ditampilkan dalam New York Fashion Week (NYFW) 2015 di Crowne Plaza Times Square Manhattan, New York pada 14 Februari 2015.

Ketiganya akan menampilkan 45 rancangan adibusana (haute couture) musim dingin dari kain NTB dengan ciri khas masing-masing. Dian dengan warna-warni mencolok, Barli dengan warna kebumian nan megah serta Zaskia yang mengusung warna-warna pastel.

“Ini adalah misi budaya kami yang bertujuan untuk mempresentasikan kain tradisional,” kata Barli di Kementerian Pariwisata, Kamis.

Barli menjelaskan bahwa mereka juga mengusung misi lain yang bertujuan memperlihatkan pada dunia tentang keragaman fashion hijab dari Indonesia.

“Fashion hijab bukan old fashion, tapi justru fashionable,” kata Barli.

Sementara itu, Dian mengatakan rancangan yang dihadirkan adalah desain universal, bukan busana muslim, sehingga dapat diterima berbagai kalangan.

“Kami membawa image modest fashion jadi bisa diterima di sana,” kata Dian yang merancang busana dari kain suku Mbojo di kaki gunung Tambora.

Dian mengemukakan bahwa partisipasi ketiga perancang Indonesia di NYFW 2015 merupakan undangan dari pihak penyelenggara yang berminat dengan fashion hijab.

“Saya tampil di New York Fashion Week 2014, pulang dari sana event organizer meminta lima desainer muslim untuk tampil,” kata dia.

Meski demikian, mereka tetap melewati proses kurasi sebagai syarat dapat berpartisipasi di salah satu ajang Fashion Week terbesar di dunia selain Paris, London dan Milan.

“Kurasinya tidak terlalu panjang karena Indonesia merupakan tamu yang ditunggu,” tambah Dian.

-

Arsip Blog

Recent Posts