Magelang Gelar 100 Acara Seni Budaya untuk Tarik Wisatawan

Magelang, Jateng - Pemerintah Kota Magelang terus berupaya menarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke Kota Magelang melalui program "Ayo Ke Magelang 2015". Di antaranya dengan menyiapkan 100 event untuk mensukseskan program yang dicanangkan tepat pada 1 januari 2015 itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Magelang, Hartoko, menjelaskan seratus event yang akan digelar sepanjang tahun 2015 itu meliputi berbagai sektor, mulai seni, budaya, pendidikan, hingga olahraga.

"Seluruh event yang telah kita persiapkan ini nantinya bertaraf lokal, nasional bahkan internasional," ujar Hartoko, di Kota Magelang, Selasa (6/1/2015).

Bahkan Hartoko mengatakan beberapa event tersebut merupakan kegiatan paling spektakuler dan digadang-gadang mampu menarik wisatawan asing. Hartoko menyebut event itu antara lain "Grebeg Gethuk" pada HUT Kota Magelang April 2015, dan "International Olympiade on Astronomy and Astrophysics" (IOAA), Agustus 2015 mendatang.

"Rencananya kegiatan IOAA akan digelar selama 10 hari pada Agustus 2015, diikuti oleh 41 negara. Masing-masing negara berhak mengirimkan 12 peserta. Leading sector kegiatan ini adalah Dinas Pendidikan," papar Hartoko.

Sementara untuk kegiatan "Grebeg Gethuk", sambung Hartoko, memang sudah menjadi agenda tahunan Kota Magelang. Namun khusus tahun ini akan dikemas secara lebih menarik dan unik. Bila biasanya diikuti oleh tiap kelurahan yang ada di Kota Jasa, April 2015 nanti perhelatannya diikuti oleh peserta dari daerah se-Jawa Tengah.

”Kirab budaya Grebeg Gethuk nanti pesertanya berasal dari kota atau kabupaten se-Jawa Tengah. Sedangkan Kota Magelang sendiri, sebagai tuan rumah hanya mengirimkan tiga peserta karnaval,” jelas dia.

Acara ini, lanjut Hartoko, juga bakal dihadiri oleh belasan duta besar negara-negara sahabat. Masing-masing daerah peserta kirab akan unjuk kebolehan di depan para Dubes untuk melaksanakan karnaval dengan ciri khas masing-masing.

”Dengan event itu kami optimistis bisa mengangkat jumlah wisatawan yang datang ke Kota Magelang," harap Hartoko.

Lebih lanjut Hartoko menyebutkan, pada 2014 lalu, ada kenaikan wisatawan nusantara (wisnus) 20 persen dan wisatawan mancanegara 5 persen yang datang ke Kota Sejuta Bunga ini. Berdasarkan data statistik pengunjung Januari- September 2014, tercatat 97.342 pengunjung wisnus dan 1.640 wisman pada sektor perhotelan di Kota Magelang. Jumlah itu belum termasuk pengunjung di kawasan wisata, seperti Taman Kyai Langgeng, Wisata Kota Toea Magelang, dan acara-acara lainnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts