Pameran dan Seminar Budaya Riau Internasional akan Digelar di Melbourne

Melbourne, Australia - Untuk kedua kalinya, simposium internasional yang membahas budaya dan seni Kepulauan Riau akan digelar. Kali ini acara akan digelar di Melbourne, Australia dengan memfokuskan pada gerak tubuh, drama, dan musik.

Kegiatan yang akan digelar pada 14 hingga 16 Januari di Monash University ini akan terbagi menjadi dua, yakni seminar dan pameran.

Seminar akan menghadirkan para peneliti dan ilmuwan yang mempelajari budaya Melayu di Indonesia, Malaysia, dan kawasan lain di Asia Tenggara. Sementara kegiatan pameran akan menampilkan sejumlah alat-alat musik dan barang-barang tradisional khas Riau.

Menurut Profesor Margaret Kartomi dari Sekolah Musik Sir Zelman Cowen di Monash University, Kepulauan Riau, provinsi yang baru didirikan pada tahun 2004 memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Sayangnya kebudayaan ini kurang dikenal di dunia, bahkan cenderung diabaikan.

"Kami mau mengadakan konferensi atau simposium yang kedua dengan menghadirkan 20 ahli kebudayaan Melayu di Indonesia, Malaysia, dan Asia Tenggara dan akan memberikan ceramah dan ada pameran," ujar Margaret.

Pameran ini pertama kalinya yang di gelar di dunia, di luar Indonesia. Simposium yang pertama digelar di Tanjungpinang, ibu kota Kepulauan Riau pada Januari 2013.

Profesor Margaret mengaku kalau kesenian musik khas Kepulauan Riau yang paling berkesan baginya adalah Nobat.

"Nobat adalah orkes yang dimainkan antara tahun 1722 - 1911, atau sampai sultan terakhir. Nobat ini sering dimainkan saat Sultan dinobatkan. Benar-benar berbeda sekali dengan alat musik di Jawa atau Bali," ujarnya kepada Erwin Renaldi dari ABC International.

Sayangnya Nobat kini tidak lagi dimainkan di Indonesia, meski masih bisa dinikmati di Malaysia.

"Sejak ratusan lalu, Nobat tidak lagi dimainkan karena sudah tidak ada sultan. Lain halnya dengan di Malaysia, karena masih ada Sultan, sehingga masih dimainkan disana," ujar Profesor Margaret yang mengaku sudah berkeliling ke semua provinsi di Sumatera.

-

Arsip Blog

Recent Posts