Pangarmatim Buka Parade Budaya di Bali

Denpasar, Bali - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P membuka Parade Budaya di Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar. Kegiatan tersebut dilaksanakan Pangarmatim di sela kunjungan kerja ke Lanal Denpasar Bali. Dalam pelaksanaannya Pangarmatim didampingi oleh Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (S) Julius Widjojono.

Parade budaya dalam bentuk pawai mobil hias Endog-Endogan merupakan kerjasama Lanal Denpasar dengan Warga Muslim Bali yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Banyuwangi (Ikawangi) Dewata dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Parade budaya yang mengambil tema “Meneguhkan Kembali Budaya Bahari; Wangine Kembang Pesisiran” tersebut menampilkan sejumlah kesenian warisan budaya dari pulau paling ujung di JawaTimur, seperti Barongan, Tari Kuntulan, dan JarananButo, Kebokeboan. Parade budaya tersebut mengambil start dari Mako Lanal Denpasar dan finish di Lapangan Mahendradata Denpasar.

Dalam sambutannya sebelum melepas pawai, Pangarmatim mengatakan bahwa pelaksanaan tradisi Endog-Endogan diharapkan mampu memperkuat kemaritiman dan kelautan di Negara Indonesia sehingga Bangsa Indonesia kembali menjadi bangsa maritim yang besar.

Ketua Panitia Mahmud Mu’roj menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak TNI AngkatanLaut dalam hal ini Lanal Denpasar yang telah banyak membantu, sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan sukes. Lebih lanjut dikatakan bahwa telur atau endog yang dihias warna warni tersebut diarak berkeliling menggunakan mobil yang kebanyakan dibentuk mirip kapal atau perahu. Tradisi tersebut masih dilestarikan oleh warga muslim asal Banyuwangi di Bali yang mayoritas beragama Hindu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa selain pawai juga dilaksanakan kegiatan sosial, seperti menyantuni anak yatim, memberikan pelayanan kesehatan gratis dan donor darah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi, Ketua Ikawangi Dewata Bambang Sutiyono, Budayawan Banyuwangi dan ribuan masyarakat asal Banyuwangi yang ada di pulau Dewata.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign