Wow.., Batik Tulis Grobogan Tembus Prancis

Grobogan, Jateng - Batik tulis khas Grobogan meski belum setenar Yogyakarta atau Solo sudah berani bersaing di pasaran. Batik dari daerah itu sudah bisa menembus paasaran luar provinsi seperti ke Bandung, Bali dan Kalimantan. Bahkan sampai ke Prancis dan Malaysia.

“Banyak yang tertarik dan memesan batik tulis khas Grobogan, karena corak atau motifnya cukup unik dan warnanya juga sangat cantik. Harga jualnya masih cukup terjangkau, berkisar antara Rp 110 ribu hingga Rp 150 ribu perlembar,” kata Ketua Paguyuban Pengrajin Batik Tulis Grobogan Nunung Wijayanti, Senin (09/02/2015).

Menurut Nunung saat ini jumlah produsen batik tulis Grobogan ada sekitar 52 orang. Sebagian besar batik tulis Grobogan bermotif khas daun dan tanaman palawija seperti padi, jagung, serta motif obeyk wisata Mrapen dan Bledug Kuwu.

Pemilik rumah batik Arumsari Desa Putat Kecamatan Purwodadi, Sri Ningsih (36), mengatakan, batik tulis Grobogan cukup berkualitas, baik mengenai corak atau motif, maupun perpaduan warna yang dihasilkan. Sehingga batik tulis tradisional dari daerah itu berani bersaing di pasaran umum.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign