17 Negara akan Ramaikan Festival Erau di Tenggarong

Jakarta - Bulan Juni mendatang Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akan mengadakan Festival Erau yang diikuti 17 negara seperti, Estonia, Turki, Latvia, Slovenia, Germany, Polandia, Italia, Hawai, Bulgaria, Korsel, Afrika Selatan, Hungaria, Malaysia, Filipina, Rusia, Venezuela dan Mesir.

Hal itu disampaikan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu, (11/3).

"Total akan ada sekitar tiga ratusan orang dari manca negara yang tampil membawakan kesenian rakyat dari masing-masing negaranya," ujar Rita Widyasari yang akrab disapa Bunda.

Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Erau sendiri berasal dari bahasa Kutai, yaitu eroh yang artinya ramai, riuh atau ribut, dengan suasana yang penuh sukacita.

Suasana yang ramai dan riuh rendah dengan berbagai suara tersebut dalam arti banyak kegiatan dari sekelompok orang yang mempunyai hajat dan mengandung makna baik dan bersifat sakral, dimana ada ritual, maupun hiburan.

Sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Erau 2015 akan kembali bersanding dengan gelaran International Folk & Art Festival yang akan digelar mulai tanggal 6 Juni hingga 14 Juni 2015 di Tenggarong, dimana pada tanggal 6 Juni akan ada Kirab Budaya yang diikuti delegasi mancanegara bersama 30 paguyuban atau sanggar seni di Kutai Kartanegara dengan menempuh jarak kurang lebih 2 km di jalan utama kota Tenggarong.

Sedangkan pembukaan Erau sendiri akan digelar pada hari Minggu pagi, 7 Juni 2015 pukul 09.00 WITA di Keraton Kutai dan untuk pembukaan International Folk & Art Festival dalam rangka Erau Adat Kutai akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WITA di Stadion Rondong Demang.

Untuk penutupan Erau akan dilaksanakan pada hari Minggu pagi 14 Juni 2015 di halaman Keraton dengan acara puncak yakni upacara adat Mengulur Naga dan Belimbur atau siram-siraman.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign