Bupati Buka Lomba Seni Budaya, Festival Siak Bermadah

Siak, Riau - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi membuka secara resmi rangkaian perlombaan dan kompetisi Festival Siak Bermadah di gedung Tengku Mahratu, Sabtu (7/3/15) malam.

Dia berharap kegiatan Festival Siak Bermadah itu hendaknya lebih meriah dari tahun lalu, yang penuh dengan berbagai perlombaan seni budaya yang mencerminkan Melayu.

"Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan Siak ini, salah satunya adalah kegiatan seni dan budaya. Saya ingin lomba seni budaya tahun ini lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga tujuan kita menjadikan Siak The Trully Malay betul-betul mampu dibuktikan dan diakui daerah lain," ujar Syamsuar.

Setelah melalui penilai dewan juri, pada perlombaan syair berpasangan, Kecamatan Sabak Auh berhasil meraih juara pertama, disusul Kecamatan Siak ditempat kedua dan Kecamatan Pusako posisi tiga.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Siak, Hendrisan menambahkan, tujuan dari kegiatan ini sebagai sarana memperkenalkan keindahan, keragaman dan kekayaan atraksi seni budaya yang ada di Siak, serta mengaktualisasikan Siak The Truly Malay.

"Kegiatan ini juga memotivasi pelaku seni budaya untuk mempertahankan, meningkatkan dan senantiasa menjaga kualitas kebudayaan yang menjadi jati diri Kabupaten Siak," ujar Hendrisan.

Kegiatan ini merupakan salah satu Rangkaian Festival Siak Bermadah ke-13 tahun 2015, diantaranya, Lomba Syair Berpasangan, Tari Zapin Tradisi, Parade Tari Kreasi Melayu, Zapin Kreasi Baru, Lagu dan Orkes Melayu, Lawak Melayu, Kompetisi Musik Melayu Kreasi, Sandiwara Bangsawan Klasik dan puncak acara dilaksanakan selama 3 hari 10-12 Oktober 2015.

"Kemudian pada puncak acara Festival Siak Bermadah akan difokuskan pada festival Zapin dan nantinyaƂ diikuti peserta dari Singapura, Brunei, Malaysia dan negara lainnya," pungkas Hendrisan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign