Saat Tiba di Banda Aceh, Jokowi Disambut Prosesi Adat "Peusijuek"

Banda Aceh, NAD - Presiden Joko Widodo tiba di Banda Aceh dalam kunjungan kerjanya, Minggu (8/3/2015) malam. Rencananya, Jokowi dijadwalkan meninjau pembangunan waduk di Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Senin besok. Ini merupakan kunjungan Joko Widodo pertama ke Propinsi Aceh pasca terpilihnya ia menjadi presiden.

Rombongan presiden tiba di Bandara Lanud Iskandar Muda disambut hujan lebat. Setiba di Lanud Iskandar Muda, Jokowi akan disambut dengan tradisi peusijeuk oleh Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haythar dan pemuka adat lainnya. Tradisi peusijuek umum dilakukan di semua kegiatan adat dalam kehidupan masyarakat di Aceh, termasuk dalam menyambut tamu.

Setelah tiba, rombongan langsung menuju tempat istirahat di Hermes Hotel. "Pak Presiden dan rombongan akan beristirahat dulu di Banda Aceh, sebelum melakukan kunjungan kerja ke daerah pada esok hari," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Letkol Inf Machfud, Minggu (8/3/2015).

Disebutkan Kapendam, Presiden Jokowi akan berada di Aceh selama dua hari. Di Kabupaten Aceh Utara, Jokowi yang juga didampingi istrinya, Iriana, akan melakukan peletakan batu pertama pengerjaan proyek bendungan Keureuto di Kecamatan Paya Bakong. Proyek ini merupakan proyek yang didanai APBN senilai Rp1,7 triliun.

"Presiden akan bertolak ke Aceh Utara dengan menumpangi pesawat CN-295 dari Lanud Blang Bintang menuju Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe," ujarnya.

Sebelum menuju bendungan, tambah Kapendam, Presiden akan mampir ke Guest House PT Arun untuk mendengarkan presentasi PT Perta Arun Gas mengenai proyek regasifikasi di bekas eks kilang PT Arun.

"Kemungkinan juga akan melihat langsung lokasi bekas pabrik kilang arun yang kini dipakai PT Perta Arun Gas. Baru setelah itu, Presiden naik helikopter ke lokasi waduk," katanya.

Sementara untuk keesokan harinya pada Selasa, Presiden Jokowi akan menuju Sabang. Di pulau ini Jokowi akan meninjau proyek bendungan Paya Seunara, Kecamatan Sukakarya, Sabang.

“Pak Presiden juga akan berkunjung ke tugu 0 kilometer Indonesia untuk meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 70," ucap Letkol Inf Machfud.

Pengamanan ketat

Kunjungan Presiden selama tiga hari di Aceh mendapat pengamanan ketat. Kapendam Iskandar Muda, Letkol Macfud mengatakan sebanyak 4.117 pasukan gabungan dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Kepolisian Republik Indonesia, akan mengamankan kunjungan tersebut.

“Pasukan itu ditempatkan disemua daerah yang akan dikunjungi, yaitu di Aceh Utara, Lhokseumawe, Banda Aceh, dan Sabang, termasuk angkatan laut dan angkatan udara,” ujar Letkol Mahfud.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign