Festival Legu Gam Ternate Akan Tonjolkan Budaya yang Terancam Punah

Ternate, Malut – Festival Legu Gam yang akan digelar di Ternate, Maluku Utara, pada 1-14 April akan lebih menonjolkan kegiatan budaya, terutama budaya tradisional yang keberadannya terancam punah.

“Pada Festival Legu Gam tahun-tahun sebelumnya selain menampilkan kegiatan budaya juga kegiatan yang bersifat hiburan, seperti mendatangkan grup band, tetapi tahun ini hanya berupa kegiatan budaya,” kata Ketua Umum Panitia Festival Legu Gam 2015 Arifin Djafar di Ternate, Sabtu.

Pertimbangan utama pada Festival Legu Gam 2015 lebih menonjolkan kegiatan budaya adalah karena Kesultanan Ternate sebagai penyelenggara festival tahunan itu sedang berduka atas wafatnya Sultan Ternate Mudhafar Sjah pada 19 Februari 2015.

Ia mengatakan, khusus untuk kegiatan budaya yang akan ditampilkan pada Festival Legu Gam yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional tersebut, beberapa kegiatan di antaranya tetap sama dengan tahun sebelumnya seperti ritual mengelilingi Pulau Ternate dengan obor dan ritual mengelilingi Pulau Ternate melalui laut.

Khusus untuk kegiatan ritual perayaan ulan tahun Sultan Ternate Mudhafar Sjah yang tahun-tahun sebelumnya menjadi kegiatan puncak dalam penyelenggaraan Festival Legu Gam itu akan diganti dengan kegiatan tabliq akbar untuk mendoakan almarhum Sultan Ternate agar mendapat tempat yang layak disisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Pada Festival Legu Gam 2015, ada pula sejumlah kegiatan budaya yang baru pertama kali ditampilkan selama penyelenggaraan Festival Legu Gam, di antaranya budaya basunat yakni tradisi masyarakat Kesultanan Ternate dalam melakukan sunat kepada anak lelaki,” katanya.

Tradisi basunat yang menggunakan peralatan tradisional belakangan ini tidak dipraktikkan lagi masyarakat Kesultanan Ternate, karena sudah ada cara sunat yang lebih modern di rumah sakit.

Ia menambahkan, panitia Festival Legu Gam 2015 telah mengundang sejumlah pejabat terkait di pemerintah pusat, termasuk sejumlah sultan dan raja di Indonesia serta sejumlah perwakilan negara asing di Jakarta.

-

Arsip Blog

Recent Posts